MTMA Bangkalan Kenalkan Obyek Wisata di Layar Kaca Trans TV

Tayangan My Trip My Adventure (MTMA) turut memicu adrenalin kaum muda. Jiwa berpetualang dan bereksplorasi mereka bangkit seketika.

202
MTMA Bangkalan
Anggota MTMA Bangkalan terlibat dalam proses shooting MTMA di air terjun Baturaja, Desa Manetan, Kecamatan Galis, Bangkalan, Madura. (Foto: IST/MI)

maduraindepth.com – My Trip My Adventure (MTMA) adalah kemasan acara di layar televisi swasta Trans TV. Acara bergenre dokumenter wisata ini tayang sejak September 2013. MTMA menggambarkan petualangan dan eksplorasi keindahan alam Indonesia. Acara berdurasi 90 menit (termasuk iklan) dan tayang setiap Sabtu dan Minggu tersebut selalu dipandu oleh dua pembawa acara.

Keindahan serta eksotika alam yang berpadu dengan keanekaragaman budaya setempat menjadi keunggulan MTMA. Hampir tahun lebih memanjakan mata pemirsa Trans TV, jelas tergambar betapa indahnya Indonesia yang merupakan negeri kepulauan. Lewat MTMA pula, suatu daerah dikenal lewat sektor pariwisata.


Derasnya air terjun yang jatuh dari ketinggian, jernihnya air yang terlihat di permukaan pantai, pemandangan menakjubkan di dalam gua, serta gugusan perbukitan yang mengundang kekaguman adalah deretan pemandangan yang kerap terlihat dalam bingkai acara MTMA. Tentu saja masih banyak pemandangan lain dari berbagai penjuru daerah yang turut memperindah bumi Indonesia.

Semua keindahan alami itulah yang kemudian memancing keingintahuan orang untuk datang dan melihat langsung. Inilah Indonesia. Negeri kepulauan yang menyimpan sejuta potensi wisata. Negeri yang seolah tiada batas untuk dijelajahi. Lewat MTMA pula, obyek wisata yang semula hanya terdengar di telinga bisa dilihat lewat layar kaca.

Lalu bagaimana tayangan MTMA bisa konsisten hingga kini? Selain perbaikan dari segi konsep maupun tayangan, upaya penyegaran juga dilakukan dengan mengganti pembawa acara secara periodik. Tak cukup sampai disini. Ada faktor pendukung lain yang turut memberi kontribusi besar terhadap kelangsungan acara ini.

Berawal dari Touring

Seiring pariwisata Indonesia yang terus menggeliat, kini lahir wadah yang turut andil memperkenalkan salah satu sektor penyumbang pendapatan besar bagi negara. Ada sekumpulan anak muda yang rela mengerahkan tenaga dan fikiran untuk menyinggahi obyek wisata ataupun mengeksplor suatu wilayah yang berpotensi menjadi obyek wisata baru.

Wadah tersebut juga bernama My Trip My Adventure. Hanya saja harus ditambahkan nama kota/kabupaten di belakangnya. Salah satunya lahir di Bangkalan, dengan nama My Trip My Adventure Bangkalan (MTMA Bangkalan). Wadah yang diketuai Hairul Rosikin (27) didirikan pada 28 Juni 2015, kini beranggotakan 24 orang. Sekretariat MTMA Bangkalan berada di Jalan Pemuda Kaffa No.107, Kelurahan Tunjung, Kecamatan Burneh, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Baca juga:  Fattah Jasin Mantapkan Niat Maju Pilkada Sumenep 2020

“Berawal dari hobi touring sepeda motor menyusuri sudut-sudut wilayah Bangkalan. Namun tak terfikir untuk singgah sambil menikmati suasana alamnya. Barulah setelah melihat acara MTMA terfikir mendokumentasikan, selanjutnya memberanikan diri mendirikan MTMA Bangkalan meski awalnya hanya beranggotakan empat orang,” kenang Hairul kepada maduraindepth.com.

Tayangan MTMA rupanya memantik jiwa petualangan Hairul dan ketiga rekannya. Selain menyalurkan hobi lewat touring, mereka juga mengemban misi mencari dan mengenalkan potensi wisata yang ada di Bangkalan. Penentuan lokasi touring pun lebih selektif. Tak hanya sekedar menggeber sepeda motor melewati berbagai medan serta tantangan. Touring mereka sebisa mungkin harus melewati obyek wisata yang ada di sepanjang rute perjalanan.

Sertifikat dari MTMA Pusat