Dispertan Sampang Serahkan Alat Pertanian Modern ke Sejumlah Poktan

Alat pertanian moderen sampang
Istimewa.

maduraindepth.com – Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Sampang menyerahkan sepuluh unit hand traktor dan sepuluh unit cultivator kepada kelompok tani (Poktan). 20 unit alat pertanian moderen tersebut merupakan bantuan dari pemerintah pusat sebagai upaya pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Dispertan dan Ketahanan Pangan Sampang Nurdin mengatakan, penyerahan bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian pemerintah pusat kepada rakyat.


Sejumlah kecamatan yang mendapat bantuan Cultivator diantaranya, Kecamatan Jrengik, Ketapang, Sampang Kota, Robatal, Omben, Pangarengan, Camplong dan Sreseh.

Sedangkan untuk kecamatan yang mendapat bantuan hand traktor diantaranya, Kecamatan Pangarengan, Jrengik, Karang Penang, Omben, Sokobanah, Tambelangan, Sreseh dan Sampang Kota.

Nurdin mengatakan, setiap kecamatan ada yang mendapat satu dan bahkan dua alat pertanian. Pihaknya meminta kepada Poktan yang menerima bantuan tersebut untuk mempergunakan sebaik mungkin agar bisa membantu pemulihan ekonomi.

“Kalau ada Poktan yang menyalahgunakan atau dijual belikan bantuan hand traktor yang sudah terima, maka mereka akan berhadapan dengan hukum karena sudah ada berita acaranya dan tanggungjawab sepenuhnya,” tegas Nurdin, Kamis (2/9).

Jika ada temuan atau laporan mengenai penyalahgunaan, sambung Nurdin, pihaknya tidak akan segan melakukan tindakan tegas. Bahkan pihaknya juga akan melaporkan Poktan yang bersangkutan ke pusat.

Baca juga:  Tahun 2021, Tiga OPD di Sampang Akan Dihapus

“Kami tetap mengontrol dan mengantisipasi, setiap tahunnya dengan menanyakan keberadaan hand traktor dan cultivator yang sudah diterima oleh kelompok tani,” ujarnya.

Pihaknya berharap, melalui bantuan tersebut produktifitas pertanian bisa lebih meningkat. “Apalagi petani bisa memakai hand traktor sehingga tidak lagi menggunakan sapi,” harapnya. (Alim/MH)