Bantu Warga Terdampak Erupsi Semeru, Pemkab Pamekasan Kirim Logistik ke Lumajang

Briefing : Tim BPBD Pamekasan sebelum berangkat ke Lumajang, Jawa Timur, Jum'at (10/12). (Foto : Ipn/MI)

maduraindepth.com – Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur mengirimkan bantuan logistik kepada warga terdampak erupsi Gunung Semeru di Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jumat (10/12). Bantuan logistik merupakan hasil kolaborasi pemerintah daerah dengan masyarakat setempat.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Amin Jabir menyampaikan, penyaluran bantuan logistik diinisiasi oleh Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB) Pamekasan, yang dilakukan secara bertahap.


Menurut Jabir, ada sekitar 17 jenis barang yang disalurkan kepada warga terdampak erupsi Semeru. Barang yang disalurkan berupa kebutuhan dasar minimal, diantaranya beras, popok bayi, peralatan mandi, peralatan salat, dan masker.

“Artinya 90 persen bantuan ini dari masyarakat, dan 10 persen ada keterlibatan kita,” ucapnya.

Sementara itu, Koordinator FRPB Pamekasan, Budi Cahyono menambahkan, selain bantuan logistik, pihaknya juga memberangkatkan personil untuk membantu korban bencana. Personil yang diberangkatkan berasal dari TRC BPBD Pamekasan, FRPB, FPRB, perwakilan dari Aliansi BEM di Pamekasan.

“Kemudian ada dari MAN 2, dan dari Mastapala IAIN Madura. Jadi total yang sekarang berangkat 15 orang, untuk menggantikan 4 orang yang ada di sana terlebih dahulu, karena harus bergiliran,” jelasnya.

“Bantuan yang dikirim disesuaikan dengan kebutuhan warga terdampak, berdasarkan informasi dari rekan-rekan di Lumajang,” sambung Budi. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here