Ratusan Pecatur Ikuti Open Tournament Sumenep Cup 2019

0
27
Pecatur
Wabup Fauzi, saat buka turnamen kejuaraan catur terbuka 2019. (Foto: MR/MI)

maduraindepth.com – Ratusan pecatur dari berbagai daerah ambil bagian dalam Kejuaraan Catur Terbuka (Open Tournament Sumenep Cup) tahun 2019, yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora).

“Kegiatan ini, upaya Pemerintah Kabupaten Sumenep memberi ruang bagi pecatur berkompetisi dan mengukur kemampuannya, serta berkontribusi dalam memajukan olahraga catur, baik di tingkat Kabupaten maupun tingkat Nasional,” kata Wakil Bupati (Wabup) Achmad Fauzi, pada pembukaan Lomba Catur di GOR A. Yani Pangligur Sumenep, Sabtu (26/10).

Wabup Fauzi berharap, para atlet catur yang mengikuti kejuaraan ini, harus optimis bisa menjadi yang terbaik, karena seorang pemenang bukan hanya ditentukan oleh keahliannya saja, namun motivasi diri, semangat dan mental bertandingnya.

“Mudah-mudahan dengan digelarnya kejuaraan ini melahirkan bibit-bibit atlet catur, khususnya atlet usia dini, agar Kabupaten Sumenep memiliki master catur nasional, seperti Sugeng Prasetyo,” tutur pengusaha muda sukses ini.

Untuk itu, pihak terkait terus melakukan upaya memasyarakatkan olahraga catur dan mencari bibit atlet catur di Kabupaten Sumenep, bahkan mengadakan berbagai kejuaraan untuk kalangan junior mulai tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat.

Catur, menurut politisi PDI Perjuangan ini adalah olahraga yang paling merakyat maupun di kota dan di kampung, bahkan di pelosok-pelosok, bermain catur merupakan tradisi yang rutin dilaksanakan.

“Kondisi seperti ini merupakan sebuah peluang yang harus dimaksimalkan semua pihak, agar berbanding lurus dengan prestasi yang ada, khususnya bagi atlet usia dini. Jadi kegiatan seperti ini sangatlah positif dan hendaknya terus dilakukan di masa-masa mendatang,” tandasnya.

Untuk menyemarakkan Kejuaraan Catur Terbuka Sumenep Cup tahun 2019, diadakan pertandingan kehormatan catur simultan yang menghadirkan Master Catur, Agung Prasetiyo, untuk bertanding dengan Wabup Fauzi, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Sementara itu, Kabid Pemuda dan Olahraga, Disparbudpora Kabupaten Sumenep, Moh. Iksan, menambahkan, peserta kejuaraan berjumlah 152 orang, terdiri dari tingkat senior 82 orang, junior putra 48 orang dan yunior putri 22 orang. Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Madura, Surabaya, Gresik, Jember dan Jawa Tengah.

“Kami menyediakan hadiah total Rp. 28 juta 500 ribu untuk juara 1 hingga 5, masing-masing kelas senior dan junior, dengan rincian tingkat senior totalnya sebesar Rp. 14 juta dan tingkat junior sebesar Rp 14 juta 500 ribu,” pungkasnya.

Kejuaraan catur terbuka Sumenep tahun 2019 adalah salah satu rangkaian kegiatan menyemarakkan hari Jadi Kabupaten Sumenep ke-750 tahun 2019. (MR/AJ)