PPDB SD-SMA di Bangkalan Dibuka, Berikut Alur Pendaftarannya

PPDB Bangkalan
Ilustrasi.

maduraindepth.com – Penerimaan peserta didik baru (PPDB) jenjang sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), hingga sekolah menengah atas (SMA) mulai dipersiapkan. Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan melakukan sosialisasi dan simulasi penerimaan siswa baru di setiap sekolah.

Pendaftaran TK, SD dan SMP

Pendaftaran sekolah tingkat TK, SD dan SMP tahun pelajaran 2022/2023 di Bangkalan secara resmi dibuka pada tanggal 27 Juni 2022 mendatang.


Kepala Disdik Kabupaten Bangkalan, Bambang Budi Mustika mengatakan, pendaftaran dilakukan melalui beberapa gelombang. Mulai dari jalur prestasi, jalur kepindahan orang tua, jalur zonasi dan afirmasi. Pendaftaran bisa melalui online (daring) dan offline (luring).

“Jalur prestasi dan kepindahan orang tua dibuka 27 sampai 29 Juni, sedangkan jalur zonasi dan afirmasi dibuka 4 sampai 7 Juli,” katanya, Rabu (15/6).

Bambang mengatakan, setiap satu rombongan belajar dalam kelas pada jenjang TK berjumlah maksimal 24 siswa. Pada jenjang SD berjumlah maksimal 28 peserta didik, dengan jumlah maksimal 24 rombongan belajar dan tiap tingkat kelas maksimal 4 rombongan belajar.

Sedangkan pada tingkat SMP setiap satu rombongan belajar paling sedikit 20 siswa dan paling banyak 32 peserta didik. “Dengan ketentuan paling sedikit 3 rombongan belajar, maksimal 33 rombongan belajar, dan pada tiap tingkat kelas maksimal 11 rombongan belajar,” imbuhnya.

Baca juga:  Nelayan Resah, Harga Jual Ikan Kian Anjlok
Pendaftaran Tingkat SMA dan SMK

Pendaftaran penerimaan peserta didik baru untuk jenjang SMA dan SMK tahun 2022 kembali dilaksanakan secara online. PPDB di Provinsi Jawa Timur mulai dibuka pendaftaran pada 20-21 Juni 2022. Jalur pertama yang dibuka yaitu jalur afirmasi, pindah tugas ortu/wali, dan jalur prestasi akademik. Lalu dilanjutkan dengan jalur prestasi nilai rapor dan zonasi.

Kepala Bidang SMA/SMK Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus Cabang Disdik Provinsi Jawa Timur Wilayah Bangkalan Moh. Fauzi mengatakan, saat ini merupakan masa pengambilan PIN pendaftaran peserta didik baru yang dilakukan mulai Kamis 2 Juni hingga 18 Juni 2022.

“Untuk persiapan PPDB sekarang pengambilan PIN oleh siswa, jadi diharapkan semua siswa bisa terfasilitasi dalam pengambil PIN,” ujarnya.

Fauzi menyampaikan tahapan PPDB tingkat SMA dan SMK di Jatim berakhir pada awal bulan Juli 2022 mendatang. Ia pun berharap semua siswa khususnya di wilayah Bangkalan hendak melanjutkan sekolah sesuai dengan program pemerintah wajib belajar 12 tahun. (MI22/MH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here