Persesa Sampang Lolos ke Liga 3 Zona Regional Jawa

0
124
Pemain persesa (kostum merah) berjibaku dengan pemain PSG di stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Rabu 6 Nopember 2019. (Truman for MI)

maduraindepth.com – Pasca format kompetisi berganti nama Liga 3, untuk pertama kalinya Persesa Sampang dipastikan lolos ke Zona Regional Jawa. Kabar gembira sekaligus mengejutkan ini diketahui setelah pada Senin (11/11/2019) PSSI mengirimkan surat resmi berisi slot klub yang lolos untuk masing-masing Provinsi.

Persesa mengakhiri babak 16 besar di posisi 3 klasemen grup I dengan mengantongi tiga poin. Hasil itu didapat dari 2 kalah melawan Persesikab Kediri dan Putra Sinar Giri Gresik, serta 1 kali menang di laga terakhir melawan Perspa Pacitan.

Karena belum ada kejelasan jumlah kuota klub yang akan mewakili ke Zona Jawa, akhirnya pihak managemen beranggapan bahwa kuotanya masih sama dengan tahun lalu, yakni 11 klub yang akan mewakili Jawa Timur ke Zona Regional Jawa.

Finish peringkat 12 terbaik di babak 16 besar membuat managemen berpikir bahwa langkah Persesa terhenti disitu, bahkan para pemain dan tim dibubarkan karena tak ada kepastian kuota untuk Jawa Timur.

Namun kabar gembira bagi Trunojoyo Mania dan masyarakat Sampang datang pada Senin, (11/10/2019) saat Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha menetapkan masing-masing jatah kuota tiap provinsi yang akan mewakili ke babak regional.

Dalam surat itu tertulis untuk Provinsi Jawa Timur akan diwakili 12 klub. Dengan demikian ada satu slot tambahan dibandingkan musim lalu, sehingga Persesa yang finish di peringkat 12 secara otomatis lolos ke Zona Regional Jawa.

Bahkan drawing penentuan Liga 3 Regional dan Nasional itu dilakukan pada hari ini juga di Jakarta oleh PSSI dengan memakai sistem gugur home away. Hasilnya, Persesa ada di slot ke 13 dan akan menghadapi Pro Direct Jakarta yang berada di slot 14 Zona Regional Jawa.

Berdasarkan jadwal yang dibuat PSSI, Persesa akan melakoni laga kandang terlebih dahulu pada (19/10/2019), dan lima hari kemudian tandang ke Jakarta menghadapi Pro Direct.

Menanggapi hal itu, Ketua Umum Persesa H. Abdullah Hidayat mengaku bangga sekaligus tak menyangka jika tim yang dibinanya sejak pertengahan 2019 itu mampu lolos ke Babak Regional Jawa.

Menurut Wakil Bupati Sampang tersebut, meski menjadi tim underdog dan tidak diperhitungkan lawan sejak babak penyisihan, 16 besar hingga lolos ke Regional, namun Persesa mampu berbicara banyak di Liga 3 musim 2019.

“Tim ini tidak diperhitungkan oleh lawan, namun mampu membuktikan bahwa Sampang juga bisa berbicara banyak di Kompetisi Liga 3 musim 2019,” ucapnya.

Ditambahkannya, walaupun dengan kemampuan finansial yang sangat jauh jika dibandingkan dengan tim yang lolos ke Regional Jawa, namun karena semangat yang tinggi dari seluruh managemen tim sehingga mampu memberikan hasil yang maksimal.

“Mereka mampu membuktikan rasa bangganya, dan akhirnya bisa memberikan yang terbaik untuk Sampang. Semoga di babak Regional kembali meraih hasil positif,” harapnya. (TR/AW)