banner auto

Permudah Pengurusan Adminduk, Dispendukcapil Sampang Terapkan Sistem IKD

Pengurusan adminduk Dispendukcapil Sampang
Sejumlah warga saat melakukan pengurusan adminduk di Kantor Dispendukcapil Sampang. (Foto: Alimuddin/MID)

maduraindepth.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sampang membuka pelayanan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD). Hal itu dilakukan untuk mempermudah warga mengurus administrasi kependudukan (Adminduk).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispendukcapil Sampang, Nor Alam menjelaskan, saat ini telah dibuka pelayanan aktivasi IKD untuk umum. Pelayanan itu diperuntukkan bagi masyarakat yang hendak melakukan aktivasi adminduk.

“Pelayanannya ada di ruang pelayanan, jadi bagi yang ingin mengurusnya tinggal ke kantor Dispendukcapil,” ucapnya, Selasa (4/4).

Dia mengatakan, cara aktivasi IKD cukup menggunakan smartphone. Disebutkan, setelah memiliki akun IKD masyarakat dapat mengurus segala dokumen kependudukan melalui smartphone. Sehingga, adanya IKD ini sangat mempermudah, karena masyarakat tidak lagi harus datang ke kantor Dispendukcapil.

“Akun IKD ini menggunakan aplikasi khusus yang bisa didownload di Play Store oleh siapa saja,” ungkapnya.

Sementara, sampai saat ini jumlah aktivasi IKD di Sampang mencapai 2.760 orang. Capaian itu mengalami peningkatan setelah Dispendukcapil melakukan perekaman di sejumlah kampus, seperti Politeknik Negeri Madura (Poltera).

“Terbukti, selain melakukan jemput bola ke sejumlah perguruan tinggi, kami sudah buka IKD di kantor Dispendukcapil Sampang,” pungkasnya. (Alim/*)

Dapatkan Informasi Menarik Lainnya Di Sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner auto