banner auto

Setahun Berjalan Dispendukcapil Sampang Mencatat 5.428 Orang Pakai Layanan IKD, Ini Manfaatnya

Dispendukcapil Sampang
Tampak salah satu warga sembari menggeneong anaknya mengurus berkas kependudukan di dispendukcapil Sampang. (Foto : Alimuddin/MID).

maduraindepth.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Sampang mencatat sudah 5.428 warga kota bahari telah menggunakan layanan Identitas Kependudukan Digital (IKD). Dimana, aplikasi layanan kependudukan itu juga bisa bisa diunduh melalui smartphone.

Kepala Dispendukcapil Sampang, Nor Alam  menyampaikan, sosialisasikan penggunakan layanan IKD itu sudah berjalan sekitar satu tahun yang lalu, alhasil penggunanya semakin meningkat.

“Kami menetapkan target sebesar 25 persen penduduk untuk bisa memanfaatkan layanan itu, ” ungkapnya, Rabu (31/1).

Sementara, dari angka tersebut ada sebanyak 0,70 persen masyarakat sudah memanfaatkan, dimana rat-rata penduduk meras terbantu karena lebih gampang.

Dikatakan, adanya aplikasi IKD ini selain mempermudah masyarakat dalam mengurus adminduk, juga memberikan kenyaman. Pasalnya, masyarakat tidak perlu datang ke kantor dispendukcapil, cukup menggunakan HP dan masukkan NIK untuk mengecek identitas.

Hingga kini, pihaknya mengaku akan terus jemput bola ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sekolah-sekolah, dan lembaga untuk meningkatkan jumlah warga yang menggunakan IKD.

“Kami terus mengedukasi masyarakat pentingnya IKD ini, diharapkan masyarakat segera mendaftar di aplikasi IKD, karena ini representasi dokumen kependudukan pada gawai pintar,” pungkasnya. (Alim/AJ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner auto