Peringatan HSN 2019, Fadol: Santri Harus Menjadi Cerminan Pilar Pembela NKRI

Ketua DPRD Sampang Fadol saat diwawancarai maduraindepth.com di ruangannya. (AW/MI)

maduraindepth.com – Hari Santri Nasional (HSN) yang diperingati setiap 22 Oktober menjadi salah satu momen penting. Pasalnya, HSN menjadi salah satu bukti keterlibatan kaum santri dalam menjaga dan memperjuangkan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dimasa lalu.

Menurut Ketua DPRD Sampang Fadol, HSN seharusnya tidak hanya berisi euforia dalam rangka merayakan kebesaran santri dimasa lalu. Tetapi juga menjadi momen introspeksi diri dan menumbuhkan semangat perjuangan dalam rangka menjaga kesatuan NKRI.


“Santri harus menjadi contoh pilar yang siap menjaga kesatuan dan persatuan NKRI,” jelasnya.

Ditanya mengenai sejarah HSN, Fadol mengatakan bahwa HSN berawal dari resolusi jihadnya pendiri NU KH Hasyim Asyari. Untuk itu, dia mengajak kepada semua santri untuk lebih meningkatkan kapasitas diri dalam rangka meneruskan semangat ulama terdahulu.

“Santri itu harus cerdas, tidak bisa menjaga persatuan NKRI kalau tidak cerdas,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Fadol juga mengucapkan selamat kepada seluruh santri di Indonesia atas peringatan HSN tahun ini. Dia berharap kedepan santri bisa lebih mandiri.

“Semoga HSN tahun ini tidak hanya seremonial, tapi bagaimana peringatan HSN ini memiliki arti dan semangat yang baik,” tandasnya. (AJ)