Pekan Seni Madura VIII UKM Sanggar Lentera Usung Tema The Pentahelix of Art

Pekan seni madura ukm sanggar lentera stkip pgri sumenep
Bupati Sumenep menabuh gong pertanda dibukanya Pekan Seni Madura VIII UKM Sanggar Lentera STKIP PGRI Sumenep. (Foto: Arif/MID)

maduraindepth.com – Pekan Seni Madura VII yang diinisiasi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sanggar Lentera STKIP PGRI Sumenep resmi dibuka. Kegiatan yang masuk dalam Kalender Event Sumenep 2024 itu akan digelar selama dua pekan. Terhitung sejak dibuka pada 31 Mei hingga 15 Juni 2024.

Rangkaian Pekan Seni VIII UKM Sanggar Lentera STKIP PGRI Sumenep di antaranya lomba puisi, lomba vlog, parade film, dan parade musik tong-tong. Kemudian, UMKM dan bazar buku, komunitas musisi seni musik Madura, festival can-macanan, serta masih banyak lagi.

Ketua Umum UKM Sanggar Lentera, Andi Irawan menjelaskan, Pekan Seni Madura VIII mengusung tema The Pentahelix of Art. “Kami sengaja mengangkat tema ini, karena perlu kolaborasi dan kerjasama antar elemen untuk menggeliatkan kesenian di Kabupaten Sumenep. Antara pemerintah daerah, pelaku seni, serta masyarakat secara umum,” ujarnya.

Ketua STKIP PGRI Sumenep, Dr Asmoni mengatakan, Sumenep dikenal dengan wisata, budaya dan keseniannya. Sehingga, kegiatan ini dilaksanakan untuk mendukung upaya dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sumenep. Termasuk sebagai upaya melestarikan kegiatan seni budaya di Kota Keris.

“Diharapkan ada regenerasi, mampu memunculkan pelaku-pelaku seni Sumenep ditingkat nasional. Mengikuti jejak para seniman dan budayawan seperti pak D Zawawi Imron dan tokoh lainnya,” paparnya.

Diterangkan, peran perguruan tinggi diharapkan mampu mengantarkan pelaku seni hingga tingkat nasional. “Memperkenalkan kabupaten Sumenep secara luas melalui pelaku dan kegiatan kesenian,” tutupnya. (*)

Baca juga:  Permudah Layanan Hingga Tingkat Desa, Dispendukcapil Sampang Bikin "SAKERA MESEM"

Baca Berita Menarik Lainnya DI SINI atau Ikuti Kami di Saluran Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *