Pantai Pasir Putih Pulau Mandangin, Tempat Wisata Kabupaten Sampang

220
Pulau Mandangin
Sepasang suami istri bersama anak menikmati senja di Pantai Pasir Putih Pulau Mandangin. (FOTO: mi-4/MH)

maduraindepth.com – Pantai Pasir Putih Pulau merupakan salah satu objek wisata di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur. Pesona wisata yang satu ini hanya bisa dijumpai di Pulau Mandangin.

Saat ini, Pantai Pasir Putih Pulau Mandangin menjadi salah satu pilihan wisatawan lokal maupun domestik. Lokasinya berada di tanah Bangsacara, tepatnya di ujung barat Dusun Barat, Desa Pulau Mandangin, Kecamatan Kota Sampang, Kabupaten Sampang.


Tiap sore, pantai ini selalu dipadati penduduk lokal maupun pendatang. Hal yang wajar jika selalu dipadati penduduk karena keindahan dan pesona yang dimiliki Pantai Pasir Putih.

Seperti disampaikan Ketua Kelompok Pemuda Sadar Wisata (Pokdarwis) Pulau Mandangin, Lukman Hakim. Menurutnya, banyak pendatang dari luar desa yang memberi apresiasi akan keindahan dan pesona yang dimiliki Pantai Pasir Putih.

“Apresiasi itu selalu ada, pasir putih memang cocok untuk dinikmati keindahannya bagi para wisatawan lokal maupun asing”, ujar Lukman, Senin (4/1).

Lukman menambahkan, meskipun ada sedikit sampah kiriman dari luar, pihaknya bersama masyarakat desa tetap berusaha menjaga kebersihan demi keindahan untuk daya tarik wisatawan.

“Kami bersama Pemdes serta masyarakat masih tetap berupaya menjaga kebersihan pantai untuk jadi desa wisata impian, dengan tidak membuang sampah di pinggir pantai,” ucapnya.

Baca juga: Potensi Wisata Pulau Mandangin, Menikmati Pesona Sunset di Ujung Dermaga

Baca juga:  Wabup Achmad Fauzi Apresiasi Even Jelajah Bumi Wisata Sumenep

Di pantai pasir putih ini, pengunjung bisa menikmati eksotisnya pantai yang bisa digunakan untuk berenang. Apalagi saat senja tiba, pengunjung bisa melihat langsung detik-detik terbenamnya matahari di fuk barat.

“Iya ini salah satu lokasi wisata impian Desa Mandangin, selain wisata Batu Candin, Makam Bangsacarah, wisata bawah laut, dan sunset jembatan dermaga, makanya punya daya tarik tersendiri,” katanya.

Eksotis pantainya pun juga dapat dinikmati siapa saja tanpa terhalang jarak. Karena lokasi yang mudah dijangkau oleh penduduk lokal. Hanya saja untuk pengunjung luar desa harus menyeberangi laut dari pelabuhan Tanglok, Sampang menuju Pulau Mandangin. Karena letak lokasi Pantai Pasir Putih yang berada di sebelah tengah laut selatan Kota Sampang.

Meski pantai pasir putih Pulau Mandangin dari tahun ke tahun mengalami abrasi karena faktor alam. Keindahan yang dimiliki tetap dirasakan oleh setiap pengunjung karena masih tampak eksotis.

“Saat berada di Mandangin pasti main-main ke sini, karena nuansa pasirnya yang bagus juga bisa menikmati senja. Apalagi saat matahari terbenam, indah dan cocok untuk dijadikan foto,” kata Feni salah satu pengunjung.

Kelebihan Potensi Wisata Pantai Pasir Putih Pulau Mandangin Sebagai Wisata Impian
Pulau Mandangin
Menjelang matahari terbenam di Pulau Mandangin. (FOTO: mi-4/MH)

Sekilas Pulau Mandangin merekomendasi Pantai Pasir Putih untuk menjadi pilihan libur panjang bagi pecinta senja dan berjemur di pantai dengan pasir yang putih layaknya mutiara indah.