Mengenal Rumah Desa Hebat, Bantu Pemuda Desa Lanjutkan Kuliah

Founder Rumah Desa Hebat, Abu Rizal memaparkan program 1000 Sarjana di hadapan peserta. (Foto : Abu Rizal for MI)

maduraindepth.com – Apa yang dilakukan oleh sekumpulan anak muda yang tergabung dalam Rumah Desa Hebat layak diapresiasi tinggi. Berbekal semangat dan kepedulian terhadap pelajar kurang mampu, mereka membantu memfasilitasi puluhan siswa kurang mampu untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.

Pada tahun 2020, bertepatan dengan hari jadi ke-2, Rumah Desa Hebat mendeklarasikan program 1000 sarjana. Sebuah program fasilitasi beasiswa pendidikan bagi para pelajar pedesaan yang kurang mampu, namun memiliki semangat tinggi untuk melanjutkan kuliah.


“Memang publik waktu itu tidak percaya, karena kami kumpulan anak muda yang masih kuliah. Bahkan, ada anggota kami yang pesimis, tapi saya optimis dan menguatkan mereka,” kata Abu Rizal, Founder Rumah Desa Hebat, kepada maduraindepth.com, Sabtu (18/12).

Pada awalnya, Abu Rizal dan kawan-kawannya mencoba menyiapkan kuota 20 sarjana. Mereka kemudian melakukan koordinasi dengan sejumlah Perguruan Tinggi di Madura dan Jawa, seperti UNIRA, IAIN Madura, UIM, Akbid Graha Husada Sampang dan STAI Taswirul Afkar Surabaya.

Hasil koordinasi dengan Perguruan Tinggi itu, mereka berhasil menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Akbid Graha Husada. Hal itu yang menjadi alasan Rumah Desa Hebat untuk terus berjuang menyekolahkan para siswa yang kurang mampu ke jenjang tinggi.

“Jadi, yang awalnya publik tidak percaya, sekarang sudah terjawab dengan 20 anak yang sekarang kuliah gratis,” tutur Abu Rizal.

Baca juga:  Anniversary ke 2 Rumah Desa Hebat, Abu Risal : Bermimpilah Setinggi Langit

Peraih Pemuda Pelopor Pendidikan 2018 itu menuturkan, saat ini sudah banyak pelajar yang sudah masuk dan mendaftar kuliah gratis ke Rumah Desa Hebat. Rata-rata mereka yang mendaftar berasal dari keluarga kurang mampu, namun punya kemauan kuat melanjutkan kuliah.

“Kalau ada yang berprestasi namun terkendala uang kuliah, kami bantu dan tentukan kuliah dimana karena ket