Melihat Rangkuman Sejarah Sampang di Wisata Arsip Masyarakat

wisata sejarah sampang
Pengunjung saat berada di Wisata Arsip Masyarakat Kabupaten Sampang. (Foto: MID25)

maduraindepth.com – Sampang memiliki banyak tempat bersejarah. Salah satunya, Wisata Arsip Masyarakat yang menyediakan beragam rangkuman sejarah yang ada di Kota Bahari. Destinasi ini berada di Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sampang, di Jalan KH Wahid Hasyim.

Terlihat, di dalam ruangan terdapat ratusan figura yang  terpajang di dinding. Dokumentasi seputar sejarah Sampang berjejer dengan rapi. Termasuk rangkuman sejarah dari 12 kecamatan. Mulai dari Kecamatan Sampang, Pangarengan, Torjun, Tambelangan, Banyuates, Sreseh, Omben, Kedungdung, Jrengik, Robatal, Sokobanah, dan Karangpenang.

Pengurus Wisata Arsip Masyarakat, Dita Arilista mengatakan, hiasan dinding yang berisi seputar sejarah Kabupaten Sampang itu sengaja dipajang. Tujuannya, agar pengunjung mudah mengetahui dan belajar sejarah.

Figura yang terpajang dilengkapi dengan petunjuk lokasi dan sedikit penjelasan dari masing-masing tempat. Menurut dia, hal itu bertujuan agar pengunjung mengetahui sedikit sejarah dari tempat tersebut.

“Banyak pengunjung yang datang ke sini. Mulai dari anak SD, SMP, SMA dan umum,” tuturnya.

Selain itu, di tengah ruangan terdapat beberapa etalase yang berisi perangko dari zaman dahulu. Ada juga etalase yang berisi mata uang kuno berjejer rapi. “Uang kuno tersebut susah didapatkan, meskipun ada mungkin harganya sangat mahal,” papar Dita.

Sementara itu, Deni, salah satu pengunjung menyebut, keberadaan Wisata Arsip Masyarakat sangat bermanfaat. Sehingga sejarah seputar Kabupaten Sampang tidak dilupakan oleh masyarakat.

Baca juga:  Perpustakaan Daerah Kabupaten Sampang Kembali Dibuka untuk Pelajar

“Banyak hal yang sudah saya ketahui setelah masuk dan membaca sejarah di tempat ini,” kesannya. (MID25/*)

Dapatkan Informasi Menarik Lainnya Di Sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner auto