Lebih dari Setahun Pengurus DKS Belum Dilantik, Ini Alasan Kepala Disporabudpar

Kantor Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Sampang. (Foto: AW/MI)

maduraindepth.com – Sudah setahun lebih, tepatnya 8 April 2021 lalu, pemilihan pengurus Dewan Kesenian Sampang (DKS) dilakukan. Chairil Alwan terpilih sebagai Ketua dengan mendapatkan suara mayoritas. Namun, sampai hari ini pengurus DKS terpilih belum juga dilantik.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Disporabudpar Sampang Marnilem mengatakan, belum dilantiknya pengurus terpilih karena usulan pada pembentukan susunan pengurus DKS masih ada perubahan. Sehingga, ketua terpilih belum dapat dikukuhkan atau dilantik.


“Kami menunggu dan telah memfasilitasi bagi yang terpilih. Jika DKS secara internal masih solid dan selesai, silahkan ajukan untuk dapat kami kukuhkan,” ujarnya, Rabu (13/4).

Marnilem mengungkapkan, meskipun ketua yang baru telah terpilih, pihaknya menyebut posisi DKS belum jelas. Pihaknya tidak terlalu ikut campur terhadap internal organisasi itu. Bahkan, menurutnya, tidak ada target spesifik terhadap organisasi DKS yang belum dilantik tersebut.

“DKS tidak ada juga tidak berpengaruh terhadap organisasi Disporabudpar ini, dan tidak akan menghambat,” ucapnya.

Terpisah, Ketua Dewan Kesenian Sampang (DKS) terpilih, Chairil Alwan menjelaskan, pembentukan kembali kepengurusan DKS berangkat dari keinginan Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Sampang.

Bahkan ia menyebutkan, sempat diwacanakan untuk kepentingan DKS. Seandainya tidak segera terbentuk, dapat menentukan Pelaksana tugas (Plt) ketua organisasi itu.

“Pemahaman yang kami serap, keberadaan DKS sangatlah urgen bagi Disporabudpar,” ucap Alwan.

Baca juga:  Begini Cara Mendapatkan Kartu Nikah Digital bagi Pasangan Pengantin

Dijelaskan Alwan, kurang lebih sebulan sejak terpilih, pihaknya mengakui jika draf susunan pengurus DKS periode 2021-2025 telah selesai. Kemudian diserahkan langsung kepada Kepala Disporabudpar.

Penyerahan draf susunan kepengurusan dan keanggotaan, kata Alwan, disaksikan pengurus harian DKS dan Kasi Kebudayaan, Disporabudpar Sampang, Basid.

“Bapak Basid itu, sekaligus menjadi sekretaris DKS. Jadi tidak benar, jika draf susunan pengurus DKS belum diserahkan ke Disporabudpar, apalagi masih ada rencana untuk merevisi draf tersebut,” tegasnya

Untuk diketahui, organisasi DKS mendapat fasilitas pada dukungan membangun program bersama Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Sampang. (*/AW)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here