Kepala Kemenag Jatim Resmikan Madrasah Wisata MAN Sampang

Madrasah Wisata MAN Sampang
Kepala Kanwil Jawa Timur, Dr. H. Ahmad Zayadi, M.Pd, saat menandatangani prasasti peresmian Madrasah Wisata di MAN Sampang, Selasa (12/1). (FOTO: Arief Tirtana/MI)

maduraindepth.com – Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Timur Ahmad Zayadi meresmikan Madrasah Wisata di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sampang. Peresmian dilakukan usai meresmikan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kota dan pemasangan batu pertama rehab gedung Kantor Kemenag Sampang, Selasa (12/1).

Ahmad Zayadi menyampaikan, di tahun 2021 ini madrasah harus mampu menciptakan organisasi iklim. Dia berpesan, para guru dan pelajar di MAN Sampang harus menjadikan Madrasah Wisata sebagai sumber belajar.


“Dari launching ini tentu kita ingin memastikan, ketika MAN Sampang ini sebagai Madrasah Wisata yang sesungguhnya, kita harus dapat mengembalikan Madrasah sebagai makna Madrasah yang sejatinya merupakan sumber belajar,” ujar Ahmad Zayadi saat memberi sambutan di hadapan ASN dan guru-guru MAN Sampang.

Dia menjelaskan, ada tiga hal penting yang harus diperhatikan dalam membangun wisata madrasah. Pertama, semua masukan baik berupa inisiasi maupun inovasi yang ada harus dimaksimalkan dalam rangka kebutuhan edukasi. Menurutnya, kebutuhan edukasi ini menjadi sumber-sumber pembelajaran.

Kedua adalah prosesnya harus benar-benar bersifat partisipasi dari semua pihak. “Ketika semua terlibat dan bertanggungjawab terhadap apa yang sudah kita inisiasi di MAN Sampang maka semuanya akan ikut menjaganya. Kemudian yang ketiga tentu proses ini bukan hanya proses hari ini, akan tetapi merupakan proses ke depan atau jangka panjang,” paparnya.

Baca juga:  Tahun Ini, UN Resmi Diganti Asesmen Nasional

Ketiga, setiap inisiasi yang diterapkan harus berkelanjutan. “Tidak hanya sebatas melahirkan hal-hal yang inovatif, akan tetapi masing-masing dari diri kita bertanggungjawab untuk memeliharanya,” ucapnya.

Zayadi berharap, dengan dilaunchingnya Madrasah Wisata di MAN Sampang ini bisa menjadi instrumen strategis dalam rangka mewujudkan Kota Bahari sebagai destinasi pendidikan. Tidak hanya di Madura, tapi juga sebagai destinasi pendidikan Jawa Timur.

“Mudah-mudahan bisa menginisiasi kita semua,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Sampang H. Pardi menambahkan, Madrasah Wisata merupakan sebuah inovasi di lembaga pendidikan madrasah di bawah naungan Kemenang Sampang yang banyak mendapat apresiasi. Khususnya dari Kanwil Jawa Timur.

“Dari sini kami ingin siswa lebih betah di sekolah yang nantinya akan disinergikan dengan program-program ekstrakurikuler sekolah,” ucapnya.

H. Pardi menjelaskan, kedepan pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan beberapa pihak yayasan di Kabupaten Sampang. “Sehingga dari sini siswa bisa memiliki skil, tak semua siswa lulus sekolah akan kuliah, sehingga yang tidak kuliah bisa juga mengembangkan kemampuannya untuk memberikan sentuhan di lingkungannya,” tutupnya. (RIF/MH)