Resmi Jadi Madrasah Wisata, MAN Sampang Fokus Jaga Kenyamanan Belajar

Madrasah Wisata MAN Sampang
Kepala Kanwil Kemenag Jatim Ahmad Zayadi (jas) foto bersama di halaman Madrasah Wisata MAN Sampang, Selasa (12/1) kemarin. (FOTO: Alimuddin/MI)

maduraindepth.com – Madrasah Wisata MAN Sampang sudah diresmikan pada Selasa (12/1) kemarin oleh Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Jatim Ahmad Zayadi. Penandatanganan prasasti disaksikan oleh pejabat Kemenag Sampang dan pihak madrasah.

Kepala MAN Sampang Mukhlishotun berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pembangunan Madrasah Wisata. Menurutnya, wisata pendidikan itu merupakan kebanggaan tersendiri bagi MAN Sampang.


Ia mengungkapkan, sebenarnya gagasan dan inovasi Madrasah Wisata sudah dirancang sejak 2020. Namun karena pandemi, pihaknya menunda meresmikan MAN Sampang menjadi Madrasah Wisata.

“Madrasah wisata adalah inovasi baru kami, sebenarnya bukan program baru. Para guru sudah membuat pengambangan baru sejak 2020, akhirnya kita menggagas apa yang kita pilih dan kembangkan kedepannya, ternyata dari tim pengembang memilih menjadikan MAN Sampang sebagai taman sekolah wisata,” ujarnya pada maduraindepth.com.

Mukhlishotun menjelaskan, keinginan menjadikan Madrasah Wisata sebagai upaya melaunching MAN Sampang sebagai madrasah unggul dan maju. Selain itu, juga untuk menjadikan lingkungan yang nyaman, indah agar bisa dinikmati oleh pelajar, guru dan tamu-tamu yang berkunjung.

“Tujuannya menjadikan MAN Sampang sebagai Madrasah Wisata yang berkelanjutan, sehingga proses belajar mengajar terus berkembang dan lebih baik, siswa pun merasa senang, tenang saat belajar di sekolah karena ada taman wisatanya,” paparnya.

Baca juga:  Polres Sumenep Gelar Operasi Zebra Semeru, Ini Tanggalnya

Sementara Kepala Kanwil Kemenag Jatim Ahmad Zayadi berpesan, agar Madrasah Wisata tersebut dijadikan sebagai sumber belajar. Ia berharap, MAN Sampang bisa mengembalikan makna madrasah itu sendiri.

“Mudah-mudahan resminya madrasah wisata di MAN Sampang menjadi sumber belajar bagi siapapun yang datang di Madrasah ini,” pungkasnya. (Alim/MH)