Kunjungan Kepala Kanwil Kemenag Jatim di Sampang, Resmikan KUA Sampai Madrasah Wisata

Sampang
Kepala Kanwil Kemenag Jatim Ahmad Zayadi didamping Kankemenag Sampang H. Pardi hendak memotong pita sebagai tanda peresmian KUA Kecamatan Kota Sampang, Selasa (12/1). (FOTO: Arief Tirtana/MI)

maduraindepth.com – Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Timur Ahmad Zayadi melakukan kunjungan ke Kabupaten Sampang, Madura. Kunjungan tersebut guna meresmikan Kantor Urusan Agama (KUA) dan manasik haji Kecamatan Kota, Selasa (12/1) pagi.

Tak hanya itu, secara simbolis, Ahmad Zayadi juga meletakkan batu pertama di Kantor Kemenag Sampang dan disaksikan oleh aparatur sipil negara (ASN). Peletakan batu tersebut menandakan bahwa gedung akan direhab.


“Sudah kita saksikan bersama-sama peresmian Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sampang, kita berharap dengan kantor yang baru ini Kantor Urusan Agama Sampang akan semakin memberikan pelayanan dengan tingkat keramahan yang semakin membaik,” ucapnya.

Zayadi menjelaskan, pelayanan di KUA selama ini sudah dikenal baik. Sebab itu, dia berharap KUA bisa menjadi wasilah dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat.

“Dengan gedung yang baru ini, baik KUA dan Kemenag Sampang yang nanti akan direhab semoga semangat untuk memberikan pelayanan terbaik terus bisa dilakukan bersama-sama. Sehingga bisa menjadi semangat baru dalam membangun moderasi beragama dan semangat membangun persaudaraan,” harapnya.

Ia menjelaskan, dalam tubuh KUA tidak hanya terdapat penghulu saja. Akan tetapi di dalamnya juga ada pengawas pendidikan dan penyuluh agama.

“Jadi saya kira semua layanan keagamaan itu frontline-nya ada di Kantor Urusan Agama tingkat kecamatan,” sambungnya.

Baca juga:  Toko Perlengkapan Bayi Disatroni Perampok, Pelaku Sempat Todongkan Senpi

Zayadi menambahkan, penguatan moderasi beragama ini dimulai dari titik KUA tingkat kecamatan. Sebab menurutnya, layanan di KUA dalam rangka membangun akuntabilitas bisa terlaksana sesuai harapan Menteri Agama (Menag).

“Seperti yang kemarin Pak Menteri Agama sampaikan, kementerian agama melayani dengan semangat membangun moderasi beragama dan semangat membangun persaudaraan, dari sinilah kami semuanya memulai layanan beragama di tingkat kecamatan,” tuturnya.

“Mudah-mudahan dengan wasilah kantor yang baru yang sangat representatif ini kawan-kawan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Sampang ini semakin memiliki hikmah,” harapnya.

Kepala Kemenag Sampang : Kado Tahun 2021
Kemenag
Kepala Kanwil Kemenag Jatim Ahmad Zayadi saat meletakkan batu pertama di Kantor Kemenag Sampang didamping Kepala Kemenag H. Pardi, Selasa (12/1). (FOTO: Arief Tirtana/MI)

Sementara itu, Kepala Kemenag Sampang H. Pardi mengatakan, pada hari ini pihaknya telah memformat tiga kegiatan efektif. Diantaranya, peletakan batu pertama rehab Kantor Kemenag Sampang, peresmian KUA Kecamatan Sampang dan peresmian Madrasah Wisata Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sampang.

“Alhamdulillah semuanya sudah diresmikan oleh Kakanwil Jatim, dan ini menjadi kado kita di 2021,” terangnya.

Dengan adanya pola baru ini, lanjut Pardi, pihaknya ingin mewujudkan pelayanan satu pintu dalam satu tempat. Dengan begitu, ada wajah baru dalam memberikan pelayanan yang tepat, cepat dan responsif.

“Alhamdulillah menurut penilaian Dirjen Binmas Islam Pusat dan Irjen bahwa kualitas bangunan serta penataan ruang KUA di Kecamatan Sampang terbaik di Indonesia,” tandasnya. (RIF/MH)