Kenali 3D untuk Cegah Peredaran Uang Palsu Jelang Hari Raya Lebaran 2023

cegah peredaran uang palsu di sampang jelang lebaran
Petugas kepolisian Sampang saat melakukan patroli memastikan keamanan dan ketertiban di pasar dari tindak kejahatan. (Foto: Alimuddin/MID)

maduraindepth.com – Jelang hari raya Idul Fitri 1444 Hijriyah, jajaran Polres Sampang, Madura, imbau masyarakat agar berhati-hati terhadap peredaran uang palsu. Sebab, tindak kejahatan itu kini menjadi atensi pihak kepolisian. Terbukti, beberapa hari ini petugas gencar melaksanakan patroli ke tempat ramai, terutama pasar.

Kapolres Sampang AKBP Siswantoro, melalui Kanit Bintibsos Satbinmas, Aipda Liwail Amri menyampaikan, patroli digencarkan di tengah keramaian seperti pasar, guna memberikan imbauan kepada pengunjung dan pedagang. Terlebih jelang hari raya lebaran tahun ini, banyak pengunjung datang ke pasar.

Oleh karena itu, pihaknya meminta agar masyarakat berhati-hati saat beraktifitas agar tidak menjadi korban tindak pidana, salah satunya uang palsu. “Harus ada kewaspadaan ektra saat melakukan transaksi jual beli, apalagi momen jelang lebaran potensi peredaran uang palsu ini rawan terjadi,” ucapnya, Rabu (12/4).

Tak hanya itu, pihaknya juga membeberkan cara agar masyarakat terhindar dari peredaran uang palsu. Salah satunya harus dilakukan dengan cara menerapkan 3D, yakni Dilihat, Diraba, dan Diterawang.

Bagi warga yang menemukan atau menjumpai uang palsu, diharapkan segera melaporkan kepada pihak kepolisian terdekat. “Masyarakat juga bisa langsung telepon ke Call Center Polri 110,” ucapnya.

Pihaknya berharap keamanan dan ketertiban masyarakat jelang lebaran tiba ini, diupayakan tetap dijaga untuk kenyamanan bersama.¬†“Kami terus memantau, memberikan imbauan, sekaligus mencegah dari segala bentuk gangguan keamanan dan tindak pidana kejahatan,” pungkasnya. (Alim/*)

Baca juga:  Ketua DPRD Sampang: Tinjau Ulang Kenaikan Harga Rokok

Dapatkan Informasi Menarik Lainnya Di Sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Kirim Info