Jumlah KPM PKH Sampang Menurun, Begini Rinciannya

0
535
Nanang Muldianto, Koordinator Pendamping PKH Kabupaten Sampang saat ditemui maduraindepth.com, Senin 18 November 2019. (AIK/MI)

maduraindepth.com – Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Sampang dalam tiga tahun terakhir ini jumlahnya semakin menurun. Terhitung dari tahun 2017 hingga 2019 sebanyak jumlah KPM program dari Kementerian Sosial RI  tersebut berkurang sekitar 2400 orang.

Berdasarkan data dari Dinas Sosial (Dinsos) setempat, jumlah KPM PKH Sampang pada tahun 2017 sebanyak 73.000 KPM, tahun 2018 jumlahnya 72.000 KPM dan tahun 2019 menurun menjadi 70.600 KPM.

“Tiga hal penyebabnya, yakni tidak mempunyai komponen, sudah mampu, dan sudah menjadi keluarga mandiri yang sejahtera,” kata Nanang Muldianto, Koordinator PKH Kabupaten Sampang, Senin (18/11/2019).

Dijelaskan Nanang, sebanyak 15 orang peserta KPM PKH mengundurkan diri karena sudah mampu. Selain itu juga karena tidak mempunyai komponen untuk mendapatkan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan sudah menjadi warga mandiri.

Nanang menambahkan, untuk pencabutan peserta KPM PKH berdasarkan kesediaan dari peserta KPM. Sebelum dana PKH dicairkan untuk bulan berikutnya, lanjut Nanang, pendamping sudah mengingatkan bahwa peserta tersebut tidak masuk kategori keluarga penerima manfaat (KPM), sehingga untuk bulan berikutnya dana PKH tidak bisa dicairkan.

“Pencabutan itu bukan dari pihak pendamping, melainkan dari Kemensos RI,” singkatnya. (MI1/AW)