Jual Bendera dan Umbul-umbul Kemerdekaan RI di Tengah PPKM Tak Secerah Dulu

Jual bendera kemerdekaan ri
Bendera merah putih dan umbul-umbul dipajang di pinggir jalan di Kabupaten Pamekasan, Madura. (FOTO: Umarul Faruk/MI)

maduraindepth.com – Menjelang momentum peringatan HUT ke-76 kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2021, banyak pedangan bendera merah putih dan umbul-umbul berdatangan dari luar daerah ke Kabupaten Pamekasan, Madura.

Mereka berjualan di sejumlah trotoar dengan memajangkan aneka bendera. Ada yang memanjang ke arah samping, ada yang memanjang ke atas dan meruncing di ujungnya dan ada dikibarkan diantara tali.


Anton (37), penjual umbul-umbul yang berasal dari Bandung, Jawa Barat berjualan di jalan Panglegur Pamekasan, Madura selama dua pekan terakhir. Dirinya mengaku sudah enam kali datang ke Pamekasan untuk berjualan umbul-umbul.

“Sudah enam kali ke Pamekasan, Madura di tahun-tahun sebelumnya jualan saya rame,” kata Anton, Rabu (4/8).

Dikatakan, dirinya yang datang jauh-jauh dari Bandung ke Pamekasan, Madura untuk mendulang rupiah seperti tahun-tahun sebelumnya hingga mendapat puluhan juta rupiah.

Menurutnya, penjualan bendera tidak secerah tahun-tahun sebelumnya. Dia mengaku selama dua pekan terakhir dagangannya sepi pelanggan akibat PPKM Covid-19.

“Sepi, apalagi diperpanjang PPKM. Saya harus mengejar setoran. Biasanya sepuluh hari jualan sudah setoran. Sekarang gak bisa, kerena penjualan sepi,” tuturnya.

Ia mengaku, dalam dua pekan terakhir hanya sekitar 45 biji umbul-umbul beserta bendera yang laku.

Sementara, umbul-umbul yang dijual oleh Anton bekisar dalam harga Rp 25.000 sampai Rp 300.000.

Baca juga:  Refleksi Hari Kemerdekaan: Bupati Pamekasan Ajak Masyarakat Perkuat Jiwa Nasionalis

“Yang penting jualan, kadang laku cuma 2 biji di tengah PPKM ini. Semoga laku, di Pamekasan saya harus bayar sewa penginapan juga,” tandasnya. (RUK/MH)