Harga Cabai Anjlok, Petani di Pamekasan: Kami Rugi

Harga Cabai Pamekasan
Petani sedang panen cabai di kebun. (Foto: RUK/MI)

maduraindepth.com – Harga jual cabai petani di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur anjlok. Anjloknya harga cabai tersebut terjadi saat memasuki masa panen.

Ditengarai, harga cabai terjun bebas lantaran jumlah pemasok dari petani meningkat. Sebab turunnya harga cabai, para petani di Kabupaten Pamekasan mengeluh.


Mustiyah, seorang petani cabai asal Desa Bujur Timur, Kecamatan Batumarmar, Pamekasan mengatakan, sebelumnya harga cabai sempat berada di angka Rp 30 ribu per kilogram. Namun memasuki masa panen, harga cabai terjun bebas hingga berada di kisaran harga Rp 5 ribu.

“Saat ini harga cabai rawit merah hanya menyentuh angka Rp 5 ribu per kilogram,” ucap dia pada maduraindepth.com.

Menurutnya, harga cabai rawit hijau malah lebih tidak karuan karena berada di angka Rp 2 ribu per kilogram. Sebelumnya, cabai hijau sempat berada di angka Rp 10 ribu per kilogram.

“Semua harga cabai turun, jadi kami rugi karena harga tidak seperti minggu-minggi sebelumnya saat baru panen,” pungkasnya.

Kata Mustiyah, karena harga cabai yang tidak karuan, para petani di desanya harus rela menanggung rugi. Dia berharap, harga cabai bisa kembali normal agar ekonomi para petani bisa membaik. (RUK/MH)