Bangkai Paus Dikubur di Lima Titik Lubang, Warga Bantu Petugas

Paus Mati di Modung Bangkalan Madura
Proses penguburan paus yang mati terdampar di bibir Pantai Modung, Bangkalan, Madura, dibantu masyarakat setempat, Sabtu (20/2). (FOTO: Suryadi Arfa/MI)

maduraindepth.com – Puluhan bangkai paus yang terdampar di bibir Pantai Modung, Bangkalan, Madura, Jawa Timur dikubur hari ini, Sabtu (20/2). Bangkai paus spesies pilot itu dikubur di lima titik penguburan dengan menggunakan alat berat.

Koordinator BPSPL Denpasar Wilayah Kerja Jawa Timur Kiki Riski Arisandy menyebutkan, ada 47 ekor bangkai ikan paus yang dikubur hari ini. Proses penguburan berlangsung sejak pagi hingga siang hari.


Sementara untuk lokasi penguburan ditempatkan di lima titik lubang penguburan yang saling berdekatan. Ini dilakukan selain guna mempermudah proses evakuasi juga untuk mempercepat proses penguburan.

“Ada 5 titik lubang untuk penguburan 47 ikan paus yang mati,” ujar Kiki.

Sore ini, proses penguburan puluhan bangkai paus tersebut sudah selesai. “Sudah dilakukan penguburan dari tadi pagi 06.00 WIB -15.00 WIB baru selesai. Karena ada 47 ekor yang mati jadi butuh banyak waktu,” terang Kiki kepada maduraindepth.com Bangkalan, Sabtu (20/2).

Lanjut pria tersebut, proses penguburannya bisa dilihat langsung oleh masyarakat. Bahkan ada sebagian yang membantu proses penguburan di bibir Pantai Modung.

“Mereka ada yang bantu untuk narik (ikan paus untuk dikubur; red),” imbuhnya. (SA/MH)