Awal Tahun 2021 Harga Kedelai dan Cabe Naik

98
Harga Kedelai Cabe
Kedelai milik salah satu pedagang di Pasar Srimangunan Sampang. (FOTO: Arief Tirtana/MI)

maduraindepth.com – Di awal tahun ini harga kedelai dan cabe diprediksi akan naik. Ini diungkapkan oleh Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagprin) Sampang Sapta Nuris Ramlan, Rabu (6/1).

Sapta menyebut, berdasarkan data pencacah saat ini harga kedelai di pasar mengalami kenaikan harga mencapai Rp 300 per kilogram. Semula Rp 9 ribu menjadi Rp 9.300. Kenaikannya terhitung per 1 Desember 2020.


Di tahun 2021 harga cabe juga mengalami kenaikan. Per tanggal 1 Desember 2020 lalu, harga cabe biasa sudah mencapai Rp 40 ribu per kilogram. Sementara cabe rawit tembus Rp 42 ribu per kilogram.

“Di tahun 2021 ini, per 1 Januari harga cabe biasa Rp 42.500 dan cabe rawit Rp 65.000,” ungkapnya.

Terpisah, salah satu pedagang Asal Warga Desa Jeruk Purut, Kecamatan Torjun, Kabupaten Sampang, Aisyah mengatakan, harga kedelai yang dijualnya seharga Rp 12 ribu. Itu pun kedelai stok lama yang dibelinya dari distributor sejak November 2020 lalu.

Kepada maduraindepth.com, wanita yang berjualan di Pasar Srimangunan Sampang ini mengaku menjual kedelai hanya untuk pelengkap saja. “Saya ambil dari distributor seharga Rp 9 ribu, kami menjual kedelai hanya untuk pelengkap saja apabila sewaktu-waktu ada pembeli yang menanyakan,” tuturnya.

Menurutnya, harga kedelai yang disebutkannya tidak dapat menjadi acuan dalam kenaikan harga. Sebab harga kulakan antara distributor dan pedagang berbeda.

Baca juga:  Rayakan HUT RI ke-75, Kades Tobai Barat Gelar JJS dan Bagi-bagi Hadiah

“Lebih tepatnya sampeyan menanyakan harga ke distributor atau pabrik yang memproduksi kedelai,” tandasnya. (RIF/MH)