Zahruddin : Pentingnya Terapkan Konsep Swasta dalam Layanan Kesehatan

Layanan Kesehatan
Kepala Puskesmas Kedungdung, Zahruddin ditemui di ruangannya. (FOTO: RIF/MI)

maduraindepth.com – Saat ini menerapkan konsep swasta dalam pelayanan kesehatan dinilai penting. Dengan catatan tidak mengabaikan manajemen sektor pemerintahan.

Hal itu dituturkan oleh Kepala Puskesmas Kedungdung Bersinar Zahruddin, Sabtu (5/12). Menurutnya, swasta memiliki konsep dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.


Konsep tersebut, kata Zahruddin, dengan menjadikan pasien sebagai raja. Sehingga pasien akan merasa senang karena mendapat pelayanan yang baik.

Menurutnya, manajemen pelayanan kesehatan yang diterapkan rumah sakit swasta lebih mendasarkan pada pilihan individu (individual choice). Mereka dituntut dapat memenuhi selera dan pilihan untuk memberi kepuasan pelayanan pasien.

Keadaan seperti itu berbeda dengan yang terjadi pada sektor manajemen pelayanan publik pemerintah. “Sektor publik tidak mendasarkan pada pilihan individual dalam pasar, akan tetapi pilihan kolektif dalam pemerintahan,” ujarnya pada maduraindepth.com.

“Untuk memenuhi tuntutan individual tentu berbeda dengan pemenuhan tuntutan kolektif. Oleh karena itu, manajemen pelayanan yang digunakan tentunya juga berbeda,” sambungnya.

Dia menegaskan, tujuan manajemen pelayanan sektor swasta adalah untuk mencari kepuasan pelanggan atau selera pasar. Sedangkan untuk sektor publik dihadapkan pada permasalahan keadilan distribusi.

“Sedangkan sektor swasta tidak dibebani tanggungjawab untuk melakukan keadilan distributi seperti itu,” ucapnya.

Lanjut Zahruddin, organisasi sektor swasta memiliki konsep bahwa pelanggan adalah raja. Pelanggan merupakan penguasa tertinggi. Sementara dalam organisasi sektor publik kekuasaan tertinggi adalah masyarakat.

Baca juga:  Tak Puas Dengan Kinerja Polisi, SCW Datangi Polres Sumenep

“Dalam hal tertentu masyarakat merupakan pelanggan, akan tetapi dalam keadaan tertentu juga masyarakat tidak dianggap sebagai pelanggan,” katanya.

Sebab itu, manajemen swasta dirasa penting diterapkan juga di Puskesmas Kedungdung Bersinar dalam hal pelayanan kesehatan. Meski demikian, tentu tidak harus mengabaikan manajemen pemerintah.

“Maka untuk itu, sangat penting bagi Puskesmas Kedungdung Bersinar menerapkan manajemen sektor atau konsep swasta dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan tidak mengabaikan manajemen sektor pemerintahan,” tegasnya. (RIF/MH)