Begini Cara Puskesmas Kedungdung Sukseskan Vaksinasi di Pesantren

Kepala Puskesmas Kedungdung, Zahruddin saat sosialisasikan vaksin di salah Saturday Pondok Pesantren di wilayah Kecamatan Kedungdung, Kamis (23/9). (Foto : Puskesmas Kedungdung for MI)

maduraindepth.com – Dengan motto Bersinar (Bersih, Empati, Ramah, Sigap, Inovatif, Nyaman, Amanah dan┬áRelevan), Puskesmas Kedungdung Sampang gencar mensukseskan program vaksinasi COVID-19. Pondok peduli vaksin menjadi program unggulan percepatan vaksinasi di Kecamatan Kedungdung, khususnya di lingkungan Pondok Pesantren.

“Pondok peduli vaksin adalah program inovatif kami melakukan sosialisasi vaksin di Pondok Pesantren dan Madrasah,” ucap Zahruddin, kepala Puskesmas Kedungdung saat melakukan sosialisasi di Pondok Pesantren Taman Baru, Dusun Batuleber, Desa Palenggiyan, Kecamatan Kedungdung, Kamis (23/9).


Menurut Zahruddin, jika vaksin sudah diterima di lingkungan pondok pesantren, dirinya yakin masyarakat akan menerima dan siap untuk divaksin.

“Kami bersama para staf terus bergerak, menelusuri pondok-pondok dan swasta yang memiliki lembaga seperti MTs dan MA agar bisa mengenal vaksin dan mau divaksin atas kesadaran sendiri,” ujarnya.

Tak hanya itu, Tim Puskesmas Kedungdung Bersinar juga mendatangi pengasuh pondok atau pimpinan lembaga guna melakukan silaturahim mengenalkan vaksinasi dengan konsep pondok peduli vaksin tersebut.

“Alhamdulillah semua menerima dengan baik. Bahkan membuka pintu untuk diberikan sosialisasi tentang vaksin kepada santrinya,” ucapnya.

Diketahui, pencapaian vaksinasi di Kecamatan Kedungdung terus meningkat setelah ada salah satu pondok yang melakukan gebyar vaksinasi secara meriah.

Diawali Pondok Pesantren Gedangan Daleman dengan sasaran mencapai 700 orang santri. Kemudian juga diikuti pondok-pondok yang lain di wilayah Kecamatan Kedungdung.

Baca juga:  Puskesmas Kedungdung Gandeng FRPB Sosialisasi Protokol Kesehatan

“Bahkan sekarang masyarakat sudah dengan kesadarannya sendiri mau divaksin baik gabung ke Pondok maupun datang ke gerai layanan vaksin yang kami siapkan,” pungkasnya. (Alim/aw)