banner auto
banner auto

Wisata Religi Bujuk Sara, Lokasinya Dekat Dengan Makam Syaikhona Kholil Bangkalan

Bujuk Sara
Peziarah berada di wisata religi Bujuk Sara di Kabupaten Bangkalan. (Foto: Romi/MID)

maduraindepth.com –  Bujuk Sara Bangkalan merupakan salah satu wisata religi di ujung Barat Pulau Madura. Lokasinya, tidak jauh dari Makam Syaikhona Kholil Bangkalan. Jaraknya sekitar 200 meter.

Di lokasi Bujuk Sara terdapat tiga makam yang saling berdekatan. Sebelah kanan merupakan makam Sayyid Abdullah, makam Sayyidah Siti Maisarah di bagian tengah, dan di sebelah kiri adalah makam Syeikh Syarifuddin.

banner auto

Salah satu penjaga Bujuk Sara, Ma’bul Alik menjelaskan, dahulu Syaikhona Kholil pernah berguru kepada Sayyid Abdullah. Kemudian, di tempat inilah juga terdapat petilasan dari Syaikhona Kholil Bangkalan.

“Diperkirakan pada tahun 1800 lalu, Syaikhona Kholil pernah berguru Thoriqoh kepada Sayyid Abdullah, di sini juga ada petilasan dari Syaikhona Kholil,” jelasnya, Sabtu (26/11).

Perlu diketahui, wisata religi ini kerap dikunjungi wisatawan untuk berziarah. Jumlah kunjungan masih cukup tinggi hingga saat ini. Pengunjung yang datang tak hanya berasal dari daerah Madura saja, melainkan dari daerah lain, khususnya yang ada di Pulau Jawa. (RM/*)

Klik Di Sini Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru

banner auto banner auto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp Kirim Info