banner auto
banner auto

Malam Jumat Banyak Dipilih Pengunjung Berziarah ke Makam Syaikhona Kholil Bangkalan

pengunjung makam syaikhona kholil bangkalan
Tampak ramai peziarah Makam Syaikhona Kholil, Kamis (19/1) malam Jumat. (Foto: Romi/MID)

maduraindepth.com – Setiap hari, destinasi wisata religi Makam Syaikhona Kholil memang tidak pernah sepi pengunjung yang berziarah. Namun pada malam Jumat, kunjungan meningkat pesat. Jumlahnya bisa mencapai ribuan.

Selain pengunjung dari luar daerah, sebagian masyarakat Bangkalan sudah biasa berziarah dan mengaji di Makam Syaikhona Kholil setiap malam Jumat. Pantauan maduraindepth.com Kamis (19/1), tidak hanya kalangan umum yang memenuhi wisata religi di Bangkalan itu. Banyak juga dari kalangan santri.

banner auto

Menurut Lukman, salah satu keamanan Pasarean Syaikhona Kholil Bangkalan, jumlah peziarah bisa mencapai ribuan setiap malam Jumat. Bahkan, tak sedikit yang memilih bermalam di tempat tersebut.

“Kami bersama petugas lain kewalahan apabila peziarah berdatangan secara bersamaan. Yang kami lakukan adalah berkoordinasi dan membagi tugas,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu peziarah, Denny menuturkan, bahwa hampir setiap malam Jumat mempunyai kebiasaan shalat dan mengaji di Makam Syaikhona Kholil Bangkalan. Menurut dia, ada ketenangan tersendiri apabila datang ke wisata religi tersebut.

“Memang setiap malam Jumat saya niatkan untuk Shalat dan mengaji disini,” ucapnya saat ditemui di lokasi.

Perlu diketahui, Syaihona Muhammad Kholil Bangkalan merupakan guru dari ulama-ulama besar Nusantara. Muridnya sudah menyebar dan mendirikan Pondok Pesantren di penjuru negeri.  Di antara muridnya adalah KH Hasyim Asy’ari, KH Wahab Chasbullah, KH Bisri Syansuri, dan KH Ahmad Syamsul Arifin. (RM/*)

banner auto banner auto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp Kirim Info