Usai Diresmikan, Bupati Sampang Janji Akan Bangun Jalan Patapan-Kamoning Senilai Rp 1,8 Miliar

69
Bupati Sampang Janji Bangun Jalan
Bupati Sampang H. Slamet Junaidi didampingi Wakilnya H. Abdullah Hidayat saat meresmikan Jalan penghubung Desa Patapan Kecamatan Torjun menuju Desa Kamoning Kecamatan Sampang, Senin (4/1) kemarin. (FOTO: Arief Tirtana/MI)

maduraindepth.com – Bupati Sampang Slamet Junaidi meresmikan jalan hasil swadaya masyarakat, Senin (4/1) kemarin. Jalan itu menghubungkan dua desa di dua kecamatan. Yakni Desa Patapan, Kecamatan Torjun dengan Desa Kamoning Kecamatan Kota Sampang.

Dalam pembangunannya, jalan sepanjang 800 meter tersebut menelan dana sebesar Rp 90 juta. Jalan tersebut dibangun oleh masyarakat setempat secara swadaya.


Bupati Slamet Junaidi pun mengapresiasi langkah yang ditempuh warga untuk membangun jalan poros desa. Menurutnya, ini adalah semangat gotong royong.

Mantan anggota DPR RI itu juga menyampaikan terima kasih kepada warga yang telah menghibahkan tanahnya untuk kepentingan umum. Berkat itu semua, juga bisa meningkatkan sektor pertanian yang ada di dua desa tersebut.

“Dengan adanya jalan akses yang menghubungkan dua desa, maka akan semakin mudah dan memperlancar petani dalam mengangkut hasil pertaniannya, sehingga dengan adanya jalan penghubung ini maka manfaatnya akan bisa dirasakan oleh warga di dua desa ini,” tutur H. Idi, sapaan karib Bupati Sampang, dalam sambutannya.

Semangat gotong royong yang dilakukan oleh masyarakat di dua desa tersebut, ungkap H. Idi, sangat membantu dan mendukung upaya pemerintah daerah meningkatkan aksesibilitas dan memeratakan infrastruktur di seluruh wilayah Sampang. “Berkat kolaborasi warga kedua desa, jalan ini dapat terwujud,” ucapnya.

Baca juga:  Peringati Hari Sumpah Pemuda, FMPK Gelar Aksi Solidaritas

Bupati yang juga merupakan putra daerah tersebut berharap, jalan yang telah dibangun diharapkan tidak hanya mempermudah akses mobilitas para petani. Namun juga dapat memberikan dampak positif untuk pertukaran barang antara dua desa untuk mendorong peningkatan multisektor seperti pendidikan maupun perekonomian.

“Tentu banyak manfaatnya, dari yang awalnya masyarakat harus keliling jauh dengan adanya jalan penghubung akan lebih dimudahkan karena lebih dekat dengan jalan kabupaten,” tandasnya.

Sebagai bentuk apreasiasi dari pemerintah daerah, ia berjanji akan melakukan pembangunan betonisasi di jalan tersebut. Bahkan dirinya mengungkapkan telah merencanakan pembangunannya dengan anggaran senilai Rp 1,8 miliar melalui dana PAK.

Untuk diketahui, Wabup Abdullah Hidayat bersama Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Torjun dan Sampang, Kepala Desa (Kades) Patapan dan Kamoning. Peresmian juga disaksikan oleh tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat. (RIF/MH)