Semarak HUT RI di Desa Gunung Rancak, Kades: Cinta Tanah Air Bagian dari Iman

HUT RI 75 Desa Gunung Rancak
Warga antusias menyaksikan lomba tarik tambang di Desa Gunung Rancak. (Foto: RIF/MI)

maduraindepth.com – Perayaan HUT RI ke-75 di Desa Gunung Rancak, Kecamatan Robatal, Kabupaten Sampang, tetap semarak. Hal itu terbukti dengan rentetan kegiatan yang dilaksanakan pemerintah desa (Pemdes) tersebut.

Meski Kabupaten Sampang saat ini memasuki zona kuning dalam pandemi COVID-19, upacara kemerdekaan dan pelaksanaan aneka lomba agustusan tetap terlaksana dengan baik. Aneka lomba diikuti oleh ratusam peserta dan berlangsung sejak Senin (17/8) pagi sampai dengan tanggal 31 Agustus.


Kepala Desa (Kades) Gunung Rancak Mohammad Juhar mengatakan, kegiatan lomba tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan yang sudah berlangsung sejak beberapa tahun terakhir. Lomba-lomba tersebut tujuannya untuk mengingatkan warganya bahwa pada bulan Agustus ada sejarah manis bangsa ini dalam merebut kemerdekaan.

“Alhamdulillah meski tahun ini serba dalam keterbatasan karena pandemi, tapi kita bersama panitia bisa tetap menggelar lomba HUT RI,” tuturnya pada maduraindepth.com, Rabu (19/8).

Juhar menambahkan bahwa kegiatan tersebut merupakan momen untuk mengingatkan warganya bahwa pada bulan ini ada sejarah manis bangsa dalam merebut kemerdekaan di Indonesia. Selain itu, juga untuk memupuk rasa nasionalisme sehingga menimbulkan rasa cinta tanah air di hati masyarakat

“Karena cinta tanah air merupakan sebagian dari iman”, imbuh pria berkumis tebal itu.

Ada hal unik saat pembukaan lomba berlangsung. Dimana seluruh peserta dan warga yang sedang antusias menyaksikan lomba, oleh panitia diajak mengheningkan cipta dan memberi salam penghormatan kepada sang saka merah putih. Mereka yang dengan pakaian seadanya pun langsung berdiri mengikuti aba-aba dari panitia

Baca juga:  1.700 Peserta Ikuti Seleksi PPPK Guru 2021 di Sampang

“Acara ini penuh keseruan, semangat warga sangat luar biasa”, ujar Hafi Warga Sekitar saat melihat perlombaan.

Acara perlombaan di desa tersebur digelar mulai tanggal 17 sampai 31 Agustus. Kegiatan akan diakhiri dengan acara Jalan Jantung Sehat (JJS) dengan berbagai macam hadiah.(RIF/MH)