PUDAM Trunojoyo Target Pemasangan Pipa HDPE Selesai Hari Ini

PUDAM Trunojoyo Pipa HDPE
Pekerja saat melakukan rekondisi kerusakan pipa, Kamis (18/2). (FOTO: Arief Tirtana/MI)

maduraindepth.com – Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM) Trunojoyo menarget pemasangan pipa HDPE dengan bentang 60 meter di Pasean I selesai hari ini, Kamis (18/2).

“Kemarin masih proses galian, dari dua sisi barat dan timur. Sisi barat sudah dan hari ini sisi timur akan selesai. Setelah itu pipa HDPE akan dipasang,” terang Direktur PUDAM Trunojoyo Dani Darmawan.


Kendati demikian, dengan selesainya rekondisi sementara ini, Dani mengatakan aliran air tidak normal seperti biasanya. Karena untuk kembali normal harus dilakukan realisasi rekondisi secara total. Untuk hal itu dia mengaku harus melakukan komunikasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat.

“Untuk rekondisi total sudah kami anggarkan, setelah rekondisi sementara ini selesai, air belum bisa normal seperti biasanya karena pipa eksisting 6 dim, sementara ini kami pakai pipa HDPE 4 dim,” katanya.

Akan tetapi, lanjut Dani, dengan langkah ini masyarakat akan tetap mendapatkan air meskipun tidak begitu normal. Sehingga pihaknya meminta masyarakat untuk bersabar.

“Nanti malam get valve sudah bisa dinyalakan, masyarakat sudah bisa kembali mendapatkan air. Meski tidak begitu normal tapi mohon masyarakat untuk bersabar hingga rekondisi total selesai,” tandasnya.

Ditanya soal ambruknya jembatan pipa di lokasi Pasean I tersebut, Dani mengatakan untuk sementara pipa HDPE akan dipasang secara menempel di sisi jembatan. Sedangkan untuk rekondisi jembatan pipa yang ambruk, akan dilakukan perbaikan pada saat realisasi rekondisi secara total.

Baca juga:  APBD Pamekasan Tahun 2020 Defisit Hingga 5,11 Milyar

“Yang terpenting saat ini adalah bagaimana ketersedian air untuk masyarakat dapat terpenuhi, karena kerusakan ini sifatnya emergency maka kita harus mengambil langkah cepat,” terangnya.

Terpisah, Kepala Sub Bidang Produksi, Transmisi Distribusi PUDAM Trunojoyo Holilurrahman mengatakan pihaknya telah memaksimalkan pekerjaan rekondisi sementara agar selesai sesuai dengan yang ditargetkan

Saat ini pihaknya sedang melakukan proses pemasangan pipa HDPE diameter 4 dim dengan bentangan sepanjang 60 meter yang akan di pasang secara menempel di bagian jembatan lantaran jembatan pipanya ambruk.

“Kita akan pasang menempel, Insya Allah malam ini selesai, setelah itu get valve akan kita buka,” tegasnya.

Dijelaskannya, dalam rekondisi sementara yang sifatnya emergency ini pihaknya melakukan rekondisi menggunakan pipa eksisting 6 dim ke 4 dim dengan cara menempel ke bagian jembatan Pasean I.

“Kalau eksisting 6 dim ke 6 dim dengan kondisi seperti ini maka akan menjadi beban jembatan. Jadi kita gunakan pipa HDPE 4 dim agar tidak menjadi beban jembatan,” tutupnya. (RIF/MH)