Temukan Opsil, PUDAM Trunojoyo Tak Segan Penjarakan Pelaku

Opsil sampang
Staf Teknik PUDAM Sampang saat menutup pipa sambungan illegal di Desa Tanggumung, Sampang beberapa waktu lalu. (FOTO: PUDAM Sampang for MI)

maduraindepth.com – Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM) Trunojoyo menutup operasi sambungan ilegal (Opsil) yang berlokasi di Desa Tanggumong, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang.

Direktur PUDAM Trunojoyo Dani Darmawan melalui Manager Pelayanan Kepelangganan Zainal Arifin mengatakan, temuan Opsil air bersih tersebut sudah ditutup oleh perusahaan.


“Sudah kami tutup, karena sambungannya tidak resmi alias tidak bermeter dan berekening,” kata Zainal, Jumat (10/9) lalu.

Zainal mengungkap, praktik Opsil tidak hanya merugikan perusahaan. Tetapi juga masyarakat yang menggunakan air bersih dari PUDAM Trunojoyo.

Ihwal temuan Opsil, pihaknya tidak akan segan memberi sanksi hingga menyeret pelaku ke meja hijau. Termasuk bagi oknum internal PUDAM Trunojoyo yang terbukti melakukan Opsil, akan dilakukan pemecatan dari jabatannya.

“Semenjak PUDAM dipimpin Direktur yang baru, sejak Februari 2021 sudah kerjasama dengan pihak penegak hukum, dalam hal ini kepolisian dan kejaksaan. Jadi jangan macam-macam untuk bertindak salah,” ujarnya.

Pihaknya berharap, kedepan tidak ada lagi tindakan serupa. “Semoga tindakan Opsil kami tuntaskan dan masyarakat bisa jadi pelanggan resmi dengan berekening, bermeter dan tertib,”harapnya. (Alim/MH)