Peringati HUT RI ke-75 Bendera Dibentangkan, Ratusan Pengguna Jalan Ambil Sikap Sempurna

HUT RI 75 pembentangan bendera
Pembentangan bendera di tengah jalan perempatan Monumen Trunojoyo Sampang dalam rangka HUT RI ke-75. (Foto: RIF/MI)

maduraindepth.com – Dalam rangka memperingati HUT RI ke-75, Solidaritas Mahasiswa Sampang dan Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB) Sampang membentangkan bendera sepanjang 7 meter. Bendera dibentangkan di tengah jalan jantung kota Sampang, tepatnya di Monumen Trunojoyo, Senin (17/8).

Pembentangan bendera tersebut mendapat dukungan dari Polres Sampang, Satlantas, Kodim 0828 Sampang. Kemudian Dinas Perhubungan (Dishub), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Paskibraka Sampang.


Pantauan saat pelaksanaan, sejumlah unsur yang mendukung kegiatan tersebut mengajak masyarakat dan ratusan pengguna jalan mengambil sikap sempurna. Yakni dengan melakukan penghormatan kepada sang saka merah putih saat dibentangkan dengan iringan lagu kemerdekaan selama 3 menit. Seketika suasana hening dan haru.

“Ini merupakan momen penting, kegiatan ini cukup membuat saya merasa merinding,” ujar Kasat Lantas Polres Sampang, AKP Ayip Rizal usai acara.

Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan satu-satunya kegiatan yang berbeda di seluruh Indonesia. “Kami akan share videonya ke berbagai penjuru, termasuk untuk Polda Jatim,” ucapnya.

Kegiatan tersebut diinisiasi oleh para pemuda di Kota Bahari. Khususnya pemuda yang tergabung dalam dua aliansi tersebut.

“Sukses selalu buat para pemuda Sampang,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Solidaritas Mahasiswa Sampang, Holimun Nikmah mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian komunitasnya terhadap hari kemerdekaan RI. Menurutnya, momen kemerdekaan tidak boleh dihilangkan karena terdapat nilai-nilai perjuangan para pahlawan.

Baca juga:  Meski Di Tengah Pandemi, Penjual Atribut Merah Putih di Pamekasan Optimis Raup Keuntungan

“Terima kasih atas segala dukungan yang telah diberikan, sehingga acara ini terlaksana dengan sangat baik,” ujarnya.

Sekedar dieketahui, selain membentangkan bendera, semua unsur yang terlibat dalam kegiatan tersebut juga melakukan aksi bagi-bagi bendera merah putih, bunga dan masker kepada para pengguna jalan. Pelaksanaan peringatan RI tampak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena dalam suasana pandemi. (RIF/MH)