Peduli Masyarakat Miskin, Gabungan Mahasiswa Sampang Bagikan Paket Sembako

Peduli Sosial Sampang
Pengurus Gamasa memberikan bantuan kepada warga di Sampang, Minggu (11/4). (Foto: Istimewa)

maduraindepth.com – Gabungan Mahasiswa Sampang (Gamasa) melakukan Gerakan Peduli Sosial (GPS) berupa pembagian paket sembako bagi warga, Minggu (11/4). Kegiatan itu digelar sebagai wujud keprihatinan kepada masyarakat miskin di Kabupaten Sampang.

Ketua Gamasa Zam Riadi menjelaskan, kegiatan bakti sosial (baksos) itu dilaksanakan dalam bentuk pembagian enam paket sembako. Berupa beras, minyak goreng, telur, kecap, mei goreng serta uang tunai sebesar Rp 500 ribu.


Diterangkan, Gamasa merupakan organisasi sosial kemasyarakatan yang dimotori oleh kalangan mahasiswa. Selain itu, program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan setiap tahunnya dikemas dengan beragam kegiatan.

“Seperti, santunan anak yatim dan pengabdian diri di desa selama satu bulan sebagaimana KKN ataupun PKL. Hal ini dilakukan untuk mengaplikasikan salah satu dari poin Tri Darma perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat,” ujarnya.

Riadi mengatakan, dalam aksi solidaritas itu terdapat 25 kuota bantuan yang akan disebar di sembilan desa di lima Kecamatan di Sampang. Kegiatannya, dilaksanakan selama dua bulan.

Sebelum menggelar kegiatan pembagian paket sembako, lanjut dia, Gamasa menggelar penggalangan donasi yang dimulai sejak 22 Januari hingga 14 Februari 2021. Hasil penggalangan dana kemudian dibelanjakan untuk membeli 11 macam sembako.

“Paket sembako tersebut disalurkan kepada masyarakat miskin yang membutuhkan, tepatnya di Dusun Manggajang, Desa Palenggiyan, Kecamatan Kedungdung Sampang,” ungkap Riadi.

Baca juga:  Belasan Rumah di Camplong Rusak Berat Akibat Hujan Disertai Angin

Sementara itu, Koordinator Lapangan Gamasa Ali wafa menambahkan, GPS merupakan salah satu program di bidang pengabdian masyarakat yang dilakukan rutin setiap tahun.

“Ini program pengabdian kami kepada masyarakat yang membutuhkan, terutama saat pandemi Covid-19,” pungkasnya. (Alim/BAD)