Pandemi Covid-19, Pelaksanaan Pembebasan Lahan dan Pelebaran Sungai di Sampang Tunggu Kepastian

Sungai Dinas PUPR Sampang
Sungai Kamoning di Sampang yang direncanakan dilakukan pelebaran tahun 2021. (Foto: Alimuddin/MI)

maduraindepth.com – Rencana pembebasan lahan dan pelebaran sungai Kamoning Sampang tahun 2021 membutuh anggaran yang cukup besar. Selain itu, pelaksanaan program itu belum bisa dipastikan akibat pandemi Covid-19 yang tak kunjung berakhir.

Kabid Pengelolaan Sungai Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sampang melalui Kasi Pemanfaatan dan Perlindungan Sungai Dwi Eko Harijanto menyampaikan, perencanaan penetapan lokasi (penlok) dan pembebasan lahan sekitar sungai Kamoning sudah diusulkan sejak 2020.


“Untuk rencana anggaran tahun 2021 senilai Rp 10 miliar. Karena refocusing, menjadi Rp 2,5 miliar. Bahkan saat ini sampai 0 rupiah, sehingga pelebaran sungai tidak bisa dilakukan,” jelasnya, Rabu (9/6).

Kondisi itu, lanjut dia, mengakibatkan proses pekerjaan tidak bisa dipaksakan. Sebab tidak ada anggaran untuk merealisasikan rencana program tersebut. Sehingga, rencana itu dialihkan ke Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS).

“Awalnya yang menentukan lokasinya itu Dinas PUPR Sampang, namun saat ini dipegang BBWS,” terangnya.

Pihaknya mengaku mendukung jika program tersebut dialokasikan dalam anggaran BBWS. Sehingga program pembebasan lahan dan pelebaran sungai itu bisa ditindaklanjuti.

“Sejak 2017 masih bermasalah, pembebasan tanah sudah dilakukan tapi belum ada anggaran. Itulah yang menjadi polemik sampai saat ini,” ujar Eko.

Dia menambahkan, untuk anggaran pembebasan lahan dan pelebaran sungai kemungkinan akan direalisasikan tahun ini. Sedangkan untuk proyek pembuatan aliran sungai di pinggir jalan dan pengadaan tanah juga akan berjalan.

Baca juga:  PAD Sampang Naik 13 Persen Sepanjang 2020

“Pembebasan lahan sendiri kemarin kami sudah ngirim surat ke provinsi Jawa Timur. Sedangkan untuk pekerjaan pemancangan sheet pile mulai Kelurahan Banyuanyar sampai Desa Paseyan dikerjakan tahun ini,” pungkasnya. (Alim/BAD)