MTD Ter-ater Topa’ ke Bupati Sampang

Ter-ater Topa' Sampang
Ter-ater topa' di Sampang, Madura, Jawa Timur, Kamis (20/5). (FOTO: Arief Tirtana/MI)

maduraindepth.com – Bupati Slamet Junaidi menerima puluhan menu masakan berbahan dasar ketupat dari komunitas Madura Tempoe Doeloe (MTD) Kabupaten Sampang, Kamis (20/5).

Sebanyak 25 anggota MTD Kabupaten Sampang berangkat dari Pebabaran Trunojoyo menuju Pendopo Trunojoyo didampingi Kepolisian Resort (Polres) Sampang.


Mereka ter-ater topa’ (mengantar ketupat: bahasa Madura) ke Pendopo Trunojoyo dengan mengendarai kendaraan roda dua (R2) dan roda empat (R4).

Sesampainya di Pendopo Trunojoyo, 25 anggota MTD itu diterima dan disambut langsung oleh Bupati H. Slamet Junaidi bersama istrinya Hj. Mimin Slamet Junaidi.

Ter-ater Topa' Sampang
Tertawa lepas: anggota MTD Kabupaten Sampang dan Bupati Slamet Junaidi (kemeja putih) saat menjalin silaturahmi dalam momen ter-ater topa’ di Pendopo Trunojoyo, Kamis (20/5). (FOTO: Arief Tirtana/MI)

Suasana tenang, damai dan penuh kekeluargaan terlihat saat anggota MTD dan Bupati saling bermaaf-maafan. Mengingat pada lebaran ketupat ini masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Ketua MTD Kabupaten Sampang Raden Ahmad Fauzan mengatakan, acara tersebut dilaksanakan sebagai momen untuk mempererat tali silaturrahim antara MTD Kabupaten Sampang dengan kepala daerah.

Apalagi menurutnya, selama ini menurutnya H. Idi telah mendukung penuh dalam setiap kegiatan MTD.

“Alhamdulillah bapak bupati menyambut dengan hangat, dan momen kali ini merupakan momen yang sangat tetap dalam meningkatkan tali silaturrahim antara MTD dengan kepala daerah,” katanya.

Raden Fauzan mengucapkan terima kasih kepada Bupati Slamet Junaidi karena telah mendukung kegiatan-kegiatan yang digagas oleh MTD Kabupaten Sampang.

Baca juga:  BPNB Yogyakarta Teliti Musik Ba'beng di Sampang

“Insya Allah MTD akan terus berperan aktif untuk melestarikan budaya di kabupaten sampang,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Slamet Junaidi mempersilahkan para anggota MTD yang ter-ater topa’ untuk memasuki Peringgitan.

“Mari silahkan masuk,” ujar bupati yang karib disapa H. Idi itu mengajak anggota MTD masuk.

Ter-ater Topa' Sampang
Rombongan Nyi Ageng MTD Kabupaten Sampang saat menuju Pendopo Trunojoyo ter-ater topa’, Kamis (20/5). (FOTO: Arief Tirtana/MI)

Di Peringgitan Pendopo Trunuojoyo, anggota MTD duduk terpisah menjadi dua bagian. Bagian laki-laki atau Ki Ageng (sebutan di MTD) duduk di sebelah barat dengan duduk melingkar bersama Bupati Sampang.

Sementara bagian Wanita atau Nyi Ageng berada di sebelah timur bersama Ibu Ketua PKK Hj. Mimin Slamet Junaidi.

Dalam hal itu, Bupati Sampang beserta istri berbincang akrab dengan anggota MTD sembari memberikan support agar MTD kedepan lebih baik.

Acara ter-ater topa’ di Kabupaten Sampang tahun ini berlangsung lancar dan sukses. Sebelum acara berakhir mereka melakukan foto bersama. (R