Maksimalkan Peran Linmas, Sat Pol PP Sampang Gelar Sosialisasi Kamtibmas

0
77
Suryanto
Sekretaris Satpol PP Suryanto saat memberi sambutan dalam sosialisasi keamanan lingkungan bagi kepala desa dan lurah di Aula Praja Wibawa. (Foto: MH/MI)

maduraindepth.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sampang mengadakan sosialisasi keamanan lingkungan desa. Kegiatan ini dilaksanakan hari ini, Rabu (18/9/2019) di Aula Praja Wibawa.

Sekretaris Satpol PP Suryanto mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya memelihara keamanan dan ketertiban lingkungan desa.

“Latar belakangnya kita menanggapi berbagai gangguan keamanan dan ketertiban lingkungan,” ucapnya kepada maduraindepth.com, Rabu (18/9).

Suryanto menjelaskan, kegiatan ini diikuti oleh kepala desa (Kades) dan lurah se-Kabupaten Sampang selaku Kasat Linmas di tingkat desa. “Pak klebun dan lurah itu juga kita undang. Karena mereka Kasatnya, kalau mereka sadar, bisa menggerakkan Satlinmas desa,” ucapnya.

Dalam kegiatan itu, ada dua materi yang yang disampaikan. Yakni ketahanan nasional dan keamanan, ketertiban lingkungan.

Suryanto
Sekretaris Satpol PP Sampang Suryanto saat ditemui di ruang kerjanya. (Foto: MH/MI)

Menurut Suryanto, akhir-akhir ini rasa nasionalis masyarakat mulai semakin menurun. “Kita sedang menghadapi perang tanpa senjata atau proxy war. Sehingga ketahanan nasional ini perlu kita munculkan lagi untuk meningkatkan rasa nasionalis masyarakat,” terangnya.

Kemudian soal keamanan dan ketertiban lingkungan bisa berupa bencana alam dan musibah yang muncul akibat ulah manusia. “Seperti pencurian, pelecehan seksual, pergaulan bebas, balapan liar dan ssterusnya,” ucapnya.

Menurutnya, dalam hal ini para Kades dan lurah memiliki peran besar dalam melakukan pencegahan dini. Sehingga persoalan keamanan dan ketertiban lingkungan bisa diselesaikan oleh desa itu sendiri.

“Kalau Satlinmas-nya tidak jalan, kita mau memberi pembekalan kepada siapa? Makanya pak klebun dan lurah kita ajak bahwa sebenarnya masyarakat itu bisa memelihara kemanan dan ketertiban lingkungan sendiri. Sehingga tidak selamanya bergantung kepada aparat,” terangnya.

Melalui kegiatan ini, Suryanto berharap Satlinmas bisa berperan sesuai dengan fungsinya. Terutama dalam kewaspadaan dini dan pencegahan dini. (MH/AW)