Lestarikan Budaya Madura, Gus Muhaimin Gelar Festival Kerapan Sapi di Bangkalan

kerapan sapi gus muhaimin
Gus Muhaimin foto bersama sapi kerapan di lapangan RP. Mohammad Noer Bangkalan. (Foto: Romi/MID)

maduraindepth.com – Datang ke Madura, Abdul Muhaimin Iskandar atau akrab disapa Gus Muhaimin lestarikan budaya Kerapan Sapi. Sebanyak 48 pasang sapi kerapan Madura mengikuti gelaran Gus Muhaimin Festival yang dilaksanakan di lapangan Kerapan Sapi RP. Mohammad Noer Bangkalan.

Wakil Ketua DPR RI Bidang Kesejahteraan Rakyat, Abdul Muhaimin Iskandar menyampaikan, kerapan sapi merupakan tradisi yang sangat tua di Pulau Madura. Menurut dia, sebagai penerus bangsa harus tetap melestarikan warisan budaya tersebut.

“Ini merupakan sebagian forum kekeluargaan dan uji sportifitas yang tinggi,” tuturnya, Ahad (26/2).

Kata Gus Muhaimin, kekayaan tradisi harus tetap terjaga. Sebab, hal itu bisa berdampak kepada peningkatan ekonomi di suatu daerah. “Kerapan sapi ini bisa mewakili Indonesia di dalam menunjukkan khazanah budaya dan tradisi yang ada Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Anggota Komisi 5 DPR RI Daerah pilih (Dapil) Madura, Syafiuddin mengatakan, hadirnya Gus Muhaimin ke Bangkalan merupakan jawaban bahwa Kota Dzikir dan Shalawat dalam keadaan baik-baik saja. Adanya pergelaran kerapan sapi itu merupakan aset bersama dibidang tradisi dan budaya.

“Kita harus bangga memiliki kerapan sapi dan harus dijadikan icon bahwa Madura tidak kalah,” tukasnya.

Perlu diketahui, dalam festival kerapan sapi itu, peserta memperebutkan hadiah dua mobil dan empat sepeda motor untuk para pemenang. Ada 2 kategori juara yaitu 1,2,3 atas dan 1,2,3 bawah. (RM/*)

Baca juga:  Berapa Jumlah Penduduk Kabupaten Sampang Saat Ini?

Dapatkan Informasi Menarik Lainnya Di Sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner auto