Kiai Itqon Ajak Warga NU Kibarkan Bendera Merah Putih

Kiai Itqon Bushiri
Ketua Tanfidziyah PCNU Sampang KH. Mohammad Itqon Bushiri di kediamannya. (FOTO: Dok. MI)

maduraindepth.com – Menyambut HUT RI ke- 76, Ketua PCNU Kabupaten Sampang KH. M. Itqon Bushiri mengajak semua elemen bangsa untuk mengibarkan bendera merah putih selama bulan Agustus ini.

“Siapapun terutama warga Nahdlatul Ulama (NU) wajib mengibarkan bendera merah putih sebagai bentuk penghormatan terhadap para pejuang,” ucapnya, Senin (2/8).


Salah satu pimpinan PP. Assirojiyyah, Kajuk Sampang itu mengatakan, kemerdekaan adalah untuk mengingatkan perjuangan para pejuang yang mempertahankan kemerdekaan.

“Semua elemen bangsa sama-sama berjuang. Salah satunya Nahdlatul Ulama, yaitu berjuang dalam rangka mempertahankan NKRI,” ungkapnya.

“Sementara kita tidak tahu bagaimana suasana perang, kakek leluhur kita semuanya berperang membela tanah air, mereka bukan hanya mengorbankan air mata tapi juga mengorbankan nyawa,” tambahnya.

Menurutnya, tidak ada jaminan yang menjamin kehidupan dan ekonomi para pejuang setelah perang. Bahkan tidak dijamin pula ketersediaan makan dan minum saat perang, hanya nyawa yang menjadi jaminannya.

Sebabnya, lanjut Kiai Itqon, sebagai bentuk penghormatan untuk semua perjuangan tersebut, dia mengajak semua elemen masyarakat untuk mengibarkan bendera di rumah, madrasah, dan semua pesantren.

“Kibarkan bendera sejak tangal 1 hingga akhir Agustus, jangan ditunda lagi supaya generasi kita melihat merah putih dikibarkan, agar mereka tahu makna merah putih dan kita merah putihkan media sosial sebagai mengenang jasa para pahlawan,” pungkasnya. (*/AW)