Kembangkan Taman Pada 2021, DLH : Sampang Butuh Akselerasi

Taman Sampang 2021
Anak-anak saat bermain di Taman Kota, Jalan Jamaluddin, Kelurahan Gunung Sekar, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang. (FOTO: RIF/MI)

maduraindepth.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sampang menyiapkan pengembangan taman bermain di sejumlah titik di Kota Bahari. Salah satunya di Taman Wiyata Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Dalpenang.

Kepala Bidang Konservasi, Rehabilitasi Lingkungan Hidup dan Pertamanan DLH Sampang Imam Irawan menyampaikan, ada beberapa konsep yang telah diprogramkan di tahun 2021 mendatang. Program-program tersebut untuk pengembangan taman.


“Salah satunya di Taman Wiyata Imam Bonjol,” katanya, Senin (30/11) lalu.

Selain itu, pengembangan juga akan dilakukan di Taman Monumen Trunojoyo yang berada di pusat Kota Sampang. “Awalnya mereka berada di depan taman, namun sudah kita tata dengan baik di bagian sisi kanan dan kiri, sehingga monumen lebih terlihat menarik,” tandasnya.

Mantan Kabid Pengairan tersebut juga mengatakan, pihaknya akan penyebar para pedagang kaki lima (PKL) di setiap taman bermain yang ada. Sehingga nantinya taman bermain bisa dijadikan tempat nongkrong yang nyaman, dan dapat meningkatkan perekonomian.

Namun, lanjut dia, pihaknya harus menata terlebih dahulu para PKL di beberapa taman bermain yang akan disiapkan. Termasuk dengan adanya spot selfie dan pengadaan taman baca yang dapat meningkatkan minat baca.

“Di tahun 2021 ini, kami juga sudah bekerja sama dengan HCML untuk melakukan pembangunan taman atau pagar di Wijaya Kusuma, yang nantinya bisa menjadi spot selfie,” ungkapnya.

Baca juga:  Selama Pandemi Volume Sampah di Sampang Meningkat, Sehari Tembus 35 Ton

“Sampang itu butuh akselerasi,” tambahnya.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sampang, Ach. Faisol membenarkan jika pada 2021 mendatang pihaknya akan mengembangkan sejumlah taman. Diantaranya Taman Wiyata dan Taman Wijaya Kusuma.

“Untuk Taman Wiyata kami kerja sama dengan HCML, sementara untuk Taman Wijaya Kusuma kami kerja sama dengan Metco,” ujarnya.

“Ada beberapa yang akan kami lakukan perbaikan, salah satunya pagar depan akan dibuka dan akan dibangun konsep spot selfie dan air mancur. Kemudian di Taman Wiyata akan dilakukan pembangunan pagar dan kolam serta penambahan lampu,” pungkasnya.” pungkasnya. (RIF/MH)