Jelang Pilkades Serentak Tahap Dua 2023, DPMD Bangkalan Gelar Bimtek Bagi Panitia Pemilihan

pilkades bangkalan
Bimtek Panitia Pilkades Serentak Tahap Dua 2023 di Pendopo Kecamatan Socah, Bangkalan, Kamis (1/12). (Foto: Romi/MID)

maduraindepth.com – Sebelumnya, mencuat isu pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahap dua 2023 akan ditunda. Hal itu kemudian terjawab setelah Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron mengumumkan jika Pilkades di Kota Dzikir dan Shalawat di 149 desa itu akan dilaksanakan 3 Mei 2023 mendatang.

Pemkab Bangkalan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) mulai lakukan bimbingan teknis (Bimtek) bagi panitia Pilkades se Kabupaten Bangkalan secara bertahap. Salah satunya digelar di Pendopo Kecamatan Socah, Kamis (1/12).

banner auto

Kasi Analisis Kebijakan Ahli Muda DPMD Bangkalan, Erik menyampaikan, pihaknya akan terus melakukan bimtek bagi panitia Pilkades di setiap kecamatan di Bangkalan. Tujuannya, mengantisipasi berbagai hal buruk yang berpotensi terjadi pada saat pesta demokrasi tingkat desa berlangsung.

“Bimtek akan terus dilakukan di setiap dua kecamatan di Bangkalan. Kali ini di Socah adalah acara awal dengan rata-rata 80 persen peserta hadir,” jelasnya kepada maduraindepth.com.

Dalam tahapan Pilkades serentak tahap dua tahun depan, lanjut dia, harus dilakukan sesuai ketentuan perundangan-undangan yang berlaku. Termasuk mengacu pada Peraturan Bupati (Perbup) nomor 51/2022 tentang pedoman pelaksanaan pemilihan kepala desa dan pemilihan kepala desa antar waktu.

“Dimulai Januari 2023, panitia pemilihan mengajukan proposal bantuan keuangan kepada bupati melalui camat, dengan melalui bendahara desanya kemudian setelah itu dana akan tersalurkan ke rekening kas desa,” ujarnya. (RM/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner auto