Curah Hujan Tinggi, Sejumlah Wilayah di Pamekasan Terendam Banjir

Sejumlah wilayah di Pamekasan terendam banjir, Senin (11/1). (Foto : FRPB for MI)

maduraindepth.com – 12 wilayah di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur terendam banjir setelah diguyur hujan pada Minggu petang (10/1). Wilayah terdampak banjir yaitu, Kelurahan Jungcangcang, Kelurahan Patemon, Kelurahan Baru rambat Kota.

Kemudian desa Jalmak, desa laden, desa lemper, kelurahan kangenan, kelurahan parteker, kodik, proppo, palengaan daya, desa Rombuh.


Budi Cahyono ketua Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB) Kabupaten Pamekasan mengatakan, banjir terjadi karena curah hujan tinggi di daerah hulu sehingga menyebabkan debit air tidak bisa tertampung ke sungai.

Selain disebabkan oleh curah hujan, banjir diakibatkan bersamaan dengan air laut tinggi atau pasang. Ketinggian air bervariasi antara 30 cm sampai 1 meter.

“Namun kondisi tersebut hanya satu dam yang mengalami kenaikan yaitu Dam samiran,” kata Budi, Senin (11/1).

Tidak selang lama, Lanjut Budi, banjir yang terdapat di sejumlah tempat yang berada di Kabupaten Pamekasan dapat dikendalikan.

“Alhamdulillah jam 16.30 WIB kemarin palengaan daya dan rombuh berangsur surut dan waspada karena aliran air 4 jam setelahnya akan menuju kota,” jelasnya.

Lebih lanjut Budi menerangkan, jam 19.00 air sudah mulai meluap di desa kodik, jl. Gazali, jl. KH Hasan Sin haji dan terus jagalan, parteker, bartim, kangenan sisi utara. Pada jam 03.00 air berangsur surut seiring air laut yg mulai surut.

Baca juga:  Puting Beliung Rusak Puluhan Rumah Warga di Sumenep

“Jam 08.30 WIB air sudah surut 95 persen,” tandasnya. (Ruk/AW)