Zahruddin Benahi Puskesmas Kedungdung, Mulai Tata Ruang Hingga Rekam Medik

0
68
Puskesmas Kedungdung
Taman Puskesmas Kedungdung Bersinar setelah direnovasi. (Foto: RIF/MI)

maduraindepth.com – Setelah melakukan beberapa pembenahan terhadap Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kedungdung, Zahruddin tidak berhenti di situ saja. Dia terus berinovasi dengan melakukan perbaikan dan mempercantik tampilan Puskesmas Kedungdung agar lebih menarik.

Semula, Kepala Puskesmas Kedungdung itu membersihkan area sekitar Puskesmas, yang setiap harinya ditempati para pedagang pasar. Kemudian berlanjut merubah tampilan dan desain tata ruang.

Tak hanya itu, Zahruddin juga berhasil membuat taman bermain bagi para pengunjung.

“Taman ini bisa dimanfaatkan bagi pengunjung yang kebetulan membawa batita, sehingga anak-anak tersebut bisa bermain bersama orang tuanya, sambil menunggu keperluannya selesai,” kata Zahruddin, menjelaskan konsep taman pada maduraindepth.com, Jumat (8/5).

Sementara tata ruang yang dirubah dengan tampilan berbeda dab lebih menarik seperti; ruang kerja berikut loket pendaftaran dan rekam medik.

Zahruddin menyebutkan, hal itu dilakukan untuk memberikan pelayanan terbaik dan kenyamanan bagi para pasien dan pengunjung.

“Untuk di era saat ini, sudah seharusnya kita menerapkan manajemen swasta didalam penataan birokrasi. Sebab, manajemen swasta terkadang lebih mampu meningkatkan kualitas maupun kuantitas dalam memberikan pelayanan yang maksimal,” urainya.

Selain itu, Zahruddin juga merubah pola pelayanan dengan cara menata ulang loket pendaftaran dan menata ulang rekam medik, yang awalnya manual, menjadi elektronik. Sehingga, data setiap pengunjung sudah terdata secara elektronik. Hal ini dapat menjadi pendorong pelayanan lebih cepat.

“Mereka hanya cukup menunjukkan KTP atau KK, dengan mengklik nomor KK nya, data pasien akan muncul di komputer secara terperinci,” teranganya.

Ditambahkan, pihaknya juga membuat tempat parkir karyawan, agar dapat tertata rapi dan aman. Sehingga, kendaraan karyawan tidak berbaur dengan kendaraan pengunjung.

“Penataan susunan organisasi yang ada di Puskesmas kami lakukan agar karyawan kami mampu mengawal program-program yang sudah ada dengan skill dan kemampuannya, kami juga akan berupaya memperbaiki manajemen keuangan agar bisa lebih efisien dan tepat sesuai dengan kebutuhan Puskesmas,” ucapnya.

“Bahkan, kami mencoba untuk terus nembangun kedisiplinan karyawan, baik disiplin waktu, disiplin kerja, maupun disiplin mengikuti aturan demi memaksimalkannya dalam memberikan pelayanan,” imbuhnya. (RIF/MH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here