Tangkal Hoaks, KPU Sampang Gandeng Media Massa Sajikan Informasi Pemilu 2024

KPU Sampang sosialisasi tatap muka bersama media massa tentang pelaksanaan tahapan Pemilu 2024. (FOTO: Alimuddin/MI)

maduraindepth.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang menggandeng media massa setempat untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024. KPU menilai media massa memiliki peran penting dalam menyebarkan informasi mengenai Pemilu.

Hal itu diungkapkan Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Sampang, Taufiq Rizqon dalam kegiatan sosialisasi tatap muka bersama media massa di Aula Santo PKP-RI Trunojoyo, Kamis (24/11).

“Pemilu tidak akan bisa terlaksana tanpa adanya kerja sama dengan insan pers dan media massa dalam pemberitaan,” ujar Taufiq usai acara.

Menurut Taufiq, media massa memiliki peran penting dalam menyampaikan informasi yang baik dan benar tentang Pemilu kepada masyarakat luas. Terlebih terkait informasi atau berita hoaks yang sangat perlu ditangkal bersama.

“Selain menyebarluaskan informasi tentang pemilu dan politik, keberadaan media massa juga sebagai alat filter untuk menyaring berita-berita hoaks yang dapat memicu terjadinya konflik politik di masyarakat,” terangnya.

Taufiq menambahkan, saat ini KPU Kabupaten Sampang sudah melaksanakan tahapan verifikasi calon peserta Pemilu 2024. Baik verifikasi administrasi maupun verifikasi faktual dan dilanjutkan membuka rekrutmen PPK Pemilu 2024.

“Hasil verifikasi tersebut akan kami tetapkan pada bulan Desember. Sedangkan Pemilu akan digelar pada tanggal 14 Februari 2024. Setiap tahapan tersebut butuh peran media massa,” kata dia.

Dia menegaskan, agenda besar itu sudah pernah terjadi pada pemilu periode sebelumnya dan ada dinamikanya. Untuk tahun 2024, pihaknya berharap dapat berjalan lebih baik.

“Untuk itu melalui sosialiasi tatap muka ini, harapannya kita bisa menyamakan persepsi guna mewujudkan jalannya Pemilu tahun 2024 yang aman dan lancar,” pungkasnya. (Alim/MH)

banner 728x728

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

banner 728x90
WhatsApp Kirim Info