Simulasi Pemungutan Suara Pemilu 2019, KPU Sampang Libatkan PPK

Penulis: Redaksi

Simulasi: Salah satu anggota PPK memasukkan surat suara ke dalam kotak suara (Foto: Agus Wedi)

maduraindepth.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan serta rekapitulasi suara Pemilu 2019 di Aula Hotel Camplong, Kamis (7/3/2019).

Simulasi ini melibatkan panitia pemilihan kecamatan (PPK) Se – Kabupaten Sampang. Mereka mempraktekkan tata cara pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi surat suara di TPS. Selain itu, juga dipraktekkan cara menangani masalah saat proses pemungutan dan penghitungan (pungut-pitung) di TPS.


Ketua KPU Sampang Syamsul Muarif mengatakan, simulasi digelar untuk memberikan pengetahuan secara aplikatif bagi PPK yang nantinya akan memberikan bimbingan teknis kepada PPS dan KPPS di kecamatan masing-masing.

“Ini baru simulasi kecil untuk PPK, karena mereka sudah di Bimtek kemarin. Seluruh materi yang didapatkan kemarin dipraktekkan hari ini,” kata Syamsul Muarif.

Tujuan pelaksanaan simulasi, ujar dia, agar PPK memahami proses dan kebutuhan di TPS, mulai dari distribusi C6 hingga pemungutan dan rekapitulasi suara nantinya. Termasuk potensi masalah yang bisa muncul dan penyelesaiannya saat di TPS pada hari pelaksanaan.

“Semua PPK yang dilatih hari ini nantinya akan melatih dan membimtek PPS dan KPPS di wilayahnya masing-masing,” jelas Syamsul.

KPU Sampang, lanjut dia, akan terus melakukan simulasi lainnya agar proses pemungutan dan penghitungan suara  benar-benar berjalan sesuai aturan yang berlaku.

Baca juga:  Nur Fitriana Busyro Karim Maju Ke Pilkada 2020

“Mulai dari mulai jam berapa TPS dibuka, pemungutan, penghitungan dan pencatatan hasil rekapitulasi ke dalam formulir,” tutupnya. (mi – red/wa)¬†