Sampang Hattrick WTP Dari BPK RI

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi saat menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPI RI, Jum'at (28/5). (Foto: Humas Pemkab for MI)

maduraindepth.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di Kantor BPK RI Perwakilan Jawa Timur Sidoarjo, Jum’at (28/5). Opini WTP atas Laporan keuangan daerah (LPD) tahun 2020 ini merupakan ketiga kalinya berturut turut (hattrick) dibawah kepemimpinam Bupati H. Slamet Junaidi dan Wabup H. Abdullah Hidayat.

Penghargaan tersebut dihadiri Kepala BPK Perwakilan Jawa Timur Joko Agus Setyono, Bupati Sampang H Slamet Junaidi, juga turut dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Sampang Fadol, Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang H. Yuliadi Setiawan serta Inspektur Daerah dan Kepala BPPKAD Sampang.


Bupati Sampang H. Slamet Junaidi mengatakan, opini WTP atas LHP BPK adalah pencapaian yang luar biasa dan patut disyukuri atas kerja keras semua pihak.

“Alhamdulillah, ini akan menjadi evaluasi atas kinerja kami agar dipertahankan dari tahun ke tahun. Opini WTP dari BPK juga akan berdampak pada dana insentif daerah, juga sebagai bukti bahwa Laporan Keuangan Pemerintah (LKP) Daerah Sampang sudah baik,” ujarnya.

H. Idi juga mengimbau kelada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar tidak berpuas diri, serta diharapkan dapat terus meningkatkan kinerja dalam menyusun laporan keuangan secara baik, supaya setiap tahun opini WTP terus dipertahankan di Kabupaten Sampang.

Baca juga:  Pedagang Pasar Manding Pilih Berhenti Berjualan, Ini Sebabnya

“Semangat yang tinggi terus dipertahankan oleh OPD, serta tertib administrasi dalam menjalankan tugas laporan keuangan dan pertanggungjawabannya. Sinergitas antar OPD juga terus ditingkatkan sehingga program yang direalisasikan bisa bermanfaat untuk masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Sampang, Fadol sangat mengapresiasi raihan opini WTP dari BPK RI kepada Pemerintah Kabupaten Sampang.

Dijelaskannya, penyerahan opini atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) yang dilakukan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) juga dilakukan bersamaan dengan Kabupaten Kediri, Kota Malang, Kota Batu yang juga mendapatkan opini WTP atas LKPD 2020.

“Terhitung, Kabupaten Sampang tertinggi dari tiga Kabupaten lainnya. Yang terpenting opini WTP ini harus diiringi dengan program yang bermanfaat untuk masyarakat Sampang,” pungkasnya (Alim).