Sambut Tahun Baru Islam, Ratusan Siswa di Blega Ikuti Pawai Lampion

0
286
Para siswa sedang mengarak lampion memeriahkan tahun baru Islam, Sabtu 31 Agustus 2019. (SM/MI)

maduraindepth.com – Ratusan siswa se kecamatan Blega, Bangkalan, mengikuti Pawai Lampion menyambut tahun baru Islam 1441 hijriyah, Sabtu (31/8/2019) malam. Pawai ini menempuh jarak kurang lebih sekitar 1,5 kilometer.

Achmad Auhad CR, menyampaikan bahwa digelarnya kegiatan tersebut bukan semata untuk merayakan tahun baru hijriyah saja, namun juga bertujuan untuk kedamaian negeri dan persatuan bangsa Indonesia.

“Sebenarnya ada dua tujuan besar dari pelaksanaan pawaI lampion ini. Pertama memang untuk merayakan tahun baru hijriyah, dan kedua untuk kedamaian Indonesia, mengingat saat ini negeri kita sedang diuji dengan berbagai masalah,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Blega Agus Eka Leande berharap, pawai lampion bukan hanya kegiatan memperingati tahun baru Islam saja, tetapi sebagai pawai pemersatu dan pawai kedamaian untuk indonesia, mengingat saai ini keadaan papua yang sedang bergejolak.

Dia juga menambahkan tema yang diusung dalam perayaan tahun baru hijriyah ini adalah terciptanya generasi muda yang kokoh sesuai dengan ajaran Islam. Sehingga para pemuda bisa menjadi pondasi dasar yang kuat sebagai pemersatu bangsa.

“Pawai lampion ini sebagai dasar kita, sebagai filter pemuda kita, bahwa mereka juga memiliki tanggung jawab besar dalam hal persatuan dan kesatuan bangsa, utamanya di lingkungan kita sendiri, yaitu di kecamatan blega ini.” tegasnya.

Berbagai macam bentuk lampion unik ditampilkan oleh para peserta. Lampion terseebut diarak mengitari sepanjang jalan raya Blega sambil mengumandangkan shalawat nabi. (SM/AW)