Resmi Dilaunching, CFD Diharapkan Menjadi Kawasan Penunjang Pola Hidup Sehat Bagi Masyarakat Sampang

CFD sampang
Sekda Sampang Yuliadi Setiawan bersama Ketua TP PKK Kabupaten Sampang Mimin Slamet Junaidi meresmikan CFD di Alun-Alun Trunojoyo Sampang, Ahad (7/5/2023). (Foto: IST)

maduraindepth.com – Program Car Free Day (CFD) di Kabupaten Sampang resmi dilaunching, Ahad (7/5/2023). Kegiatan mingguan yang digelar di area Alun-alun Trunojoyo itu diresmikan oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sampang Yuliadi Setiawan dan Ketua TP PKK Sampang Mimin Slamet Junaidi.

Disela-sela kegiatan CFD, Yuliadi mengatakan bahwa terselenggaranya program CFD ini merupakan hasil dari sinergitas banyak pihak. Di antaranya OPD di lingkungan Pemkab Sampang, Polres Sampang, paguyuban pedagang kaki lima dan masyarakat Sampang.

“Saya sangat berterimakasih kepada semua pihak yang terlibat atas terselenggaranya kegiatan ini,” ungkapnya.

Menurut Yuliadi, CFD merupakan salah satu usaha dari Pemkab Sampang untuk mendukung dan mengkampanyekan pola hidup sehat bagi warga Sampang. Yukiadi menyampaikan bahwa tujuan utama dari terselenggaranya CFD adalah untuk memberikan ruang bagi masyarakat untuk melakukan olahraga dan kegiatan fisik lainnya tanpa gangguan polusi dari asap kendaraan bermotor.

“Masyarakat kita butuh ruang untuk berolahraga dan melakukan aktivitas fisik dengan nyaman. Karena itu kegiatan ini akhirnya terbentuk,” jelasnya.

Ditempat yang sama, PLT Kadis Dishub Kabupaten Sampang Yulis Juwardi, mengatakan bahwa pelaksanaan CFD ini merupakan usaha untuk lebih memajukan Kabupaten Sampang. Dalam kegiatan ini juga, pihaknya menerjunkan puluhan personil untuk mengamankan lokasi dan mengatur lalulintas bersama dengan Polres Sampang.

Baca juga:  Usai Talk Show Apa Kabar Sampang, MDW : OPD Masih Ada Ego Sektoral

“Puluhan personil bersama pihak terkait sudah dilakukan untuk mengaman lokasi CFD, bahkan kami juga sudah melakukan koordinasi dengan dinas terkait, salah satunya tentang relokasi PKL yang awalnya berada di area alun-alun, dipindah ke sisi Utara, lebih tepatnya di kawasan pujasera,” katanya.

Selain dari pihak Dishub, Polres Sampang juga mengerahkan personil untuk mengamankan dan mengatur lalu-lintas di sekitar lokasi CFD. Kapolres Sampang melalui KBO Lantas Polres Sampang Ipda Syafriwanto mengatakan bahwa pelaksanaan pengamanan tersebut bertujuan untuk memberikan rasa nyaman kepada pengunjung CFD.

“Kami (Polres, red) ingin memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang hendak menikmati kawasan CFD, termasuk masyarakat yang menggunakan kendaraan bermotor, karena sudah kami siapkan area parkir yang sudah ditentukan oleh pihak terkait,” katanya. (AJ/*)

Dapatkan Informasi Menarik Lainnya Di Sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner auto