Poltera Bersama IDUKA Gelar Pameran Teknologi Inovasi Mahasiswa Secara Virtual

Poltera
Behind The Scene: Salah satu mahasiswa saat memaparkan tekonologi secara virtual di lantai II Poltera, Rabu, 30 September 2020. (Foto: MH)

maduraindepth.com – Politeknik Negeri Madura (Poltera) berhasil menggelar pameran hasil inovasi teknologi mahasiswa secara virtual bersama industri dunia kerja (IDUKA). Kegiatan dilaksanakan pada Rabu (30/29) kemarin di lantai II kampus pelat merah tersebut.

Sedikitnya ada tujuh macam teknologi yang dipamerkan melalui virtual zoom dan saluran YouTube itu. Yakni robot lengan pengetas berbasis mikrokontroler, prototype robot pemotong rumput, rancang bangun mesin pembersih gulma tanaman padi, rancang bangun perahu pariwisata, sistem infus pintar terintegrasi dengan sistem android, rancang bangun mesin pemotong tulisan karang bunga dan desain lampu celup bawah air penarik perhatian ikan untuk kapal nelayan.


Direktur Poltera, Arman Jaya menyampaikan, tujuh teknologi yang dipamerkan tersebut merupakan hasil tugas akhir mahasiswa. Tujuan pameran untuk memperkenalkan hasil inovasi teknologi kepada masyarakat dan industri.

“Sehingga apabila industri tertarik bisa mengambil sebagai produk baru,” ujar Arman.

Dia menyebut, pameran tersebut merupakan bagian dari program kementerian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) RI. Di sisi lain, pameran tersebut juga untuk menjalin kemitraan antara Poltera dengan pihak industri.

“Tujuannya itu simpel saja, tetapi pengaruhnya sangat luar biasa,” tuturnya.

Arman menjelaskan, kegiatan dilaksanakan secara virtual karena mematuhi protokol kesehatan COVID-19. Di sisi lain juga agar bisa menjangkau dan menyebar informasi secara luas.

Baca juga:  Peduli Lingkungan, Poltera Terapkan Larangan Penggunaan Botol Plastik

“Kalau dilakukan secara offline di sini, jangkauannya tidak terlalu luas. Tapi kalau virtual jangkauannya luas. Semoga kegiatan ini kedepan terus berlanjut,” terangnya.

Untuk diketahui, pameran virtual melalu zoom itu diikuti oleh 200 peserta. Sementara hingga berita ini ditulis, pameran yang streaming di kanal YouTube Poltera sudah ditonton sebanyak 822. (MH)