Petugas Haji Tahun 2023 di Sampang Hanya Butuh Tiga Kloter Saja

Haji 2023
Jemaah haji tahun 2022 di Pendopo Trunojoyo, Sampang. (FOTO: Fathorrahman for MiD)

maduraindepth.com – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sampang telah melakukan rekrutmen petugas ibadah haji 2023. Pada tahap seleksi adminstarai, terdapat 32 orang peserta yang dinyatakan lolos.

Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kemenag Sampang Fathorrahman mengatakan, 32 orang itu dibagi menjadi dua bagian. Yaitu 17 orang sebagai Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) di Arab Saudi (non kloter) dan kloter sebanyak 15 orang.

“Sesuai aturan dari kementerian Agama RI, di tingkat kabupaten hanya 32 orang yang akan diambil sebagai petugas haji 2023,” ucapnya saat dikonfirmasi, Jumat (10/2).

Fathorrahman menerangkan, untuk menjadi petugas haji tidak gampang. Sebab terdapat mekanisme seleksi yang harus dihadapi peserta. Apalagi saat ini proses seleksinya menggunakan Computer Assisted Test (CAT).

“Rekrutmen penyelenggara ibadah haji, baik peserta di kloter maupun petugas yang ada di Arab Saudi atau non kloter harus ikuti syarat yang ditentukan,” terangnya.

Lebih lanjut, dia membeberkan dari 32 orang itu hanya tujuh orang yang bisa mengikuti seleksi di tingkat provinsi. Rinciannya, tiga orang sebagai ketua kloter, tiga lagi sebagai pembimbing dan satu orang non kloter bertugas di Arab Saudi.

Sementara untuk non kloter yang lulus seleksi hingga kini masih belum ada pengumuman. Sedangkan untuk ketua kloter dan pembimbing sudah diumumkan.

Baca juga:  Kemenag Sampang Persilahkan Pondok Pesantren Buka Gerai Vaksinasi Gratis

“Sampang ini diprediksi hanya ada tiga kloter, satu orang sebagai ketua kloter, pembimbing ibadah satu orang, dan status non kloter belum diketahui,” tutupnya. (Alim/MH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner auto