Perayaan Natal dan Tahun Baru, Begini Persiapan Pengamanan di Sumenep

Sumenep
Apel gelar pasukan operasi lilin semeru 2020 dalam rangka pengamanan natal 2020 dan tahun baru 2021 di Mapolres Sumenep, Senin (21/12). (FOTO: BDR/MI)

maduraindepth.com – Polres Sumenep menggelar apel gelar pasukan operasi lilin semeru, Senin (21/12). Apel tersebut dilaksanakan sebagai bentuk persiapan pengamanan jelang perayaan natal 2020 dan tahun baru 2021.

Bertempat di Lapangan Apel Sanika Satyawada Polres Sumenep, Kapolres Sumenep AKBP Darman menyampaikan sambutan dari Kapolri. Dalam sambutannya, terdapat sejumlah poin penekanan Kapolri dalam operasi lilin tahun 2020.


Pesan yang disampaikan Kapolri di antaranya semua pasukan yang terlibat dalam operasi tersebut diminta mempersiapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan. Niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Kemudian, para petugas pengamanan diminta melakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.

Selain itu, Kapolri juga berpesan agar meningkatkan kepekaan, kewaspadaan dan keseiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

“Laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, lengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai,” ujarnya.

Operasi lilin semeru 2020 akan berlangsung selama 15 hari. Operasi ini dimulai 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021. Sebanyak 61 petugas pengamanan gabungan dilibatkan dalam operasi tersebut.

Baca juga:  PT Surabaya Kuatkan Putusan PN Sampang, Banding Sengketa Lahan RSUD Mohammad Zyn Ditolak

Sedangkan pos-pos operasi lilin semeru 2020 di Sumenep meliputi Pos Pelayanan Taman Bunga, Pos Pengamanan Terminal Arya Wiraraja Sumenep, dan Pos Pengamanan Pelabuhan Kalianget. Selain itu, Pos Pengamanan Gereja Maria Gunung Karmel, Pos Pengamanan Gereja Pantekosta, juga Pos Pengamanan Gereja Bethel. Kemudian pos pengamanan lainnya bertempat Perbatasan Prenduan dan Perbatasan Pasongsongan. (*/MH)